ANALISA LEAN MODEL CANVAS PRODUK TIENS
"Halo Teman-teman"
Saya akan mencantumkan link bisnis saya sebelum nya yang kemarin dan belum sempat teman-teman membaca dan melihat nya, untuk itu saya akan membagikan link bisnis saya ini : https://syahdanauff.blogspot.com/2022/04/analisis-vrio-pelaku-bisnis-produk-tiens.html
PENJELASAN LEAN MODEL CANVAS :
Lean Canvas
Lean Canvas adalah templat yang digunakan oleh pengusaha atau pebisnis untuk membantu mereka memecahkan ide agar lebih mudah dibaca dan dipahami. Templat akan membuat ide rumit lebih fleksibel dan berfungsi untuk menemukan informasi kunci yang mudah dibutuhkan dalam pengembangan bisnis.
Lean Canvas diadaptasi dari model bisnis kanvas yang menggunakan prinsip serupa. Namun, Lean Canvas bertujuan untuk memotong informasi yang lebih tidak perlu dan tugas -tugas yang menghabiskan waktu.
Lean Canvas pertama kali dibuat oleh Ash Maurya, penulis The Running Lean Book, pada 2010. Maurya adalah perusahaan perintis yang lean dan pendiri dan CEO LeAnstack.
Meskipun metode perencanaan bisnis belum ada di sana selama itu, banyak pengusaha dan penggemar bisnis lean, telah menggunakannya. Ini juga digunakan oleh universitas, akselerator, dan berbagai kelompok yang merupakan bagian dari organisasi besar.
Lembar kanvas lean diadaptasi dari kanvas model bisnis. Bisnis model Canvas diusulkan oleh Alexander Osterwalder pada 2008 dan sejak itu telah diadaptasi untuk berbagai bidang.
Ada beberapa perbedaan utama antara kanvas model bisnis dan kanvas lean, meskipun keduanya dimaksudkan untuk membantu perencanaan bisnis Lean.
Canvas model bisnis memiliki suku cadang untuk mitra utama, seperti pemasok, kegiatan utama, sumber daya utama, dan hubungan pelanggan. Seperti kanvas lean, Canvas model bisnis juga memiliki suku cadang untuk segmen pelanggan, saluran, aliran pendapatan, dan struktur biaya.
PENJELASAN KOTAK/BLOK LEAN MODEL CANVAS :
1. Masalah (Problem)
Ada 1 customer yang mengalami suatu penyakit yaitu kencing manis (diabetes) lalu kita menanyakan suatu masalah tersebut diawali dengan :
a. Sudah berapa lama customer terkena penyakit kencing manis.
b. Mempunyai penyakit diabetes basah/kering.
c. Apa saja yang dirasakan Ketika mempunyai penyakit diabetes.
Untuk memecahkan masalah
diatas kita harus memahami semua produk yang diderita oleh customer, tidak
boleh asal kasih karena akan mengakibatkan resiko fatal.
Solusi bisa menggunakan produk herbal yang Bernama Tiens, produk ini aman, sudah bersetifikat MUI tanpa efek samping dan tidak beresiko bahkan untuk orang tidak sakit pun bagus banget untuk pencegahan. Karena produknya pun sudah produk Kesehatan terbaik No 1 Didunia, bisa teman-teman cek di google nya masing-masing.
2. Segmen Pelanggan (Customer
Segments)
Suatu melayani pelanggan itu
sangat penting karena disaat kita melayani pelanggan dan pelanggan tersebut
sembuh maka pelanggan ini bisa menceritakan suatu keluhan masalah yang bisa
diatasi oleh kita sebagai pebisnis produk Kesehatan
Didalam siklus marketplace
perusahaan dimana kita menginginkan suatu profit atau hasil produk yang kita
jual untuk konsumen,disaat kita salah menjelaskan suatu produk tersebut maka
konsumen/customer tidak akan membeli produk kita bahkan produk yang kita jual
bahkan collapse (bangkrut).
3. Proposisi Nilai Unik
(Unique Value Proposition)
Janji kita terhadap prospek
untuk supaya terjual produk kita dimana kita harus Kembali seperti yang
dijelaskan diatas dimana kita harus memahami suatu produk dan kita bisa
menjanjikan kepada prospek/customer untuk keluhan dan kebutuhan nya.
Misal prospek kita kekurangan
tinggi, lalu kita tanyakan ukuran tinggi nya dan ingin naik berapa cm kemudian
kita jelaskan untuk produk tersebut agar si prospek bisa tinggi badan dengan
maksimal, kemudian kita berikan suatu paket produk kita dan kita jelaskan satu
satu produk kita serta cara pemakaian nya.
4. Solusi (Solution)
Solusi kita harus bisa
memahami semua karakter prospek/customer kita yang kita ingin jelaskan kepada
mereka.
5. Saluran (Channels)
Kita bisa mencantumkan
beberapa platform (tempat berdagang) seperti : Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak,
Instagram, Facebook bahkan sekalipun google bisnis kita bisa mencantumkan suatu
nomor kita agar si prospek bisa mencari diberbagai platform yang mereka mau.
6. Arus Pendapatan (Revenue
Streams)
Didalam suatu bisnis pasti
adanya pendapat atau hasil yang sudah tidak dipertanyakan lagi karena ini sudah
umum.
Untuk pendapatan (hasil) yang
maksimal kita bisa selalu menawarkan suatu paket Kesehatan yang dimana didalam
nya ada beberapa produk misal 4 produk dan produk tersebut misal di kali 20 ribu
(4 produk x 20 ribu = 80 ribu maka hasilnya pun sudah kelihatan, berbeda kita
yang mempunyai produk sendiri.
7. Struktur Biaya (Cost
Structure)
Kita tentunya harus memiliki
daftar harga jual untuk para customer tidak harus tinggi yang terpenting
prospek/customer kita bisa sembuh dan maksimal dari sini saja kita bisa
mempunyai banyak pelanggan lebih dari 20 pelanggan setiap bulan.
Untuk biaya bisnis ini supaya
produk nya terkenal oleh masyarakat yang ada di dunia tergantung masing-masing
caranya. Ada yang lewat endorse, iklan bahkan kita bisa kenali produk kita ke
orang terdekat kita.
8. Metrik Utama (Key Metrics)
Secara umum dalam sebuah bisnis pastinya akan ada metrik yakni ada 2 kategori :
A. Metrik Kategori Bisnis & Financial
Kategori tersebut biasanya menentukan sehat nya bisnis dan tidaknya suatu perjalanan startup secara bisnis. Metrik ini mengukur tingkat efisien didalam suatu bisnis. Semakin gross profit (laba kotor) semakin baik juga Kesehatan perusahaan bisnisnya.
B. Metrik Kategori Produk
Berhubungan dengan seberapa
banyak nya konsumen yang mengkonsumsi produk kita maka kita bisa mulai
menghitung profit (hasil) harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan.
9. Keuntungan Tidak Adil
(Unfair Advantage)
Didalam suatu bisnis untuk
perihal ini tidak boleh dilakukan dikarenakan merugikan suatu perusahaan bahkan
maka akan cepat collapse (tutup) perusahaan tersebut, maka dari itu kita bisa
mengambil suatu keuntungan yang dimana masih bisa di analisa oleh logika dan
oleh prospek (konsumen).
PENUTUP
Kesimpulan :
Lean Canvas adalah templat yang digunakan oleh pengusaha atau pebisnis untuk membantu mereka memecahkan ide agar lebih mudah dibaca dan dipahami. Templat akan membuat ide rumit lebih fleksibel dan berfungsi untuk menemukan informasi kunci yang mudah dibutuhkan dalam pengembangan bisnis.
Lean Canvas diadaptasi dari model bisnis kanvas yang menggunakan prinsip serupa. Namun, Lean Canvas bertujuan untuk memotong informasi yang lebih tidak perlu dan tugas -tugas yang menghabiskan waktu.
Demikian lah analisa dari produk tiens menggunakan Lean Model Canvas. Terimakasih semuanya yang sudah membaca blog saya ini...
Komentar
Posting Komentar
Selalu berkomentar dengan baik tidak saling menghina apalagi saling menghujat, berkomentar lah dengan baik, bermotivasi, berkarakter, jiwa muda, jiwa sosial, empati. dan simpati kalian.