ANALISIS SEGMENTASI - TARGETING - POSITIONING - PRODUK TIENS

 

"Halo Teman-teman" 

Saya akan mencantumkan link bisnis saya sebelum nya yang kemarin dan belum sempat teman-teman membaca dan melihat nya, untuk itu saya akan membagikan link bisnis saya ini : https://syahdanauff.blogspot.com/2022/04/analisis-vrio-pelaku-bisnis-produk-tiens.html


A. Penjelasan STP Secara Garis Besar :

Segmentasi Posisi STP atau penargetan adalah salah satu pendekatan atau model yang digunakan untuk mengembangkan pesan pemasaran yang sesuai dan strategi pada segmentasi audiens target tertentu. Model pemasaran ini dikenal sebagai salah satu yang paling efektif dan populer digunakan untuk saat ini.

Jadi STP merupakan salah satu model pemasaran yang aplikasinya melibatkan tiga tahap, yaitu melakukan segmentasi pasar, penargetan segmen yang diyakini sebagai yang paling menguntungkan dan memposisikan produk yang dijual dengan cara yang paling berharga.


B. Segmentasi Ide Bisnis Tiens :

Segmentasi pasar adalah upaya untuk meningkatkan keakuratan pemasaran perusahaan. Segmen pasar terdiri dari kelompok besar yang dapat diidentifikasi di pasar dengan keinginan, daya beli, geografis lokal, perilaku pembelian, dan kebiasaan pembelian serupa.

Penjelasan Segmentasi Pasar oleh Tiens Products :

Yang menjadi segmentasi saya jika di wilayah ini, semua wilayah di Tangerang dan Jabodetabek, karena saya di Tangerang, tetapi juga bisa berada di luar daerah.

Selain daerah, segmentasi lainnya adalah usia. Karena produk tiens aman untuk dikonsumsi, kemudian dari anak kecil hingga orang dewasa dapat mengkonsumsi produk mereka. Produk tiens terutama untuk orang yang ingin mengubah bentuk tubuh mereka, bentuk wajah dan bentuk kulit mereka menjadi lebih ideal, dan juga menjaga kesehatan mereka.

Produk tiens dapat dinyatakan halal, karena juga telah menerima sertifikasi halal dari MUI. Tentu saja, dengan sertifikasi halal ini, suatu produk dapat dikatakan sangat aman untuk dikonsumsi.


C. Targeting (Target Pasar) :

Targeting (Target Pasar)

Pembentukan target yang baik atau pasar penargetan akan memudahkan perusahaan untuk mengalokasikan produk dan layanan kepada konsumen. Penargetan adalah proses mengevaluasi segmentasi dan memfokuskan strategi pemasaran di suatu negara, provinsi, atau sekelompok orang yang berpotensi merespons.

Target Pasar merupakan Sekelompok pembeli yang memiliki kebutuhan atau karakteristik yang sama yang merupakan tujuan dari promosi perusahaan. Dapat disimpulkan bahwa penargetan adalah proses yang sangat penting karena akan menentukan siapa yang akan membeli produk dari perusahaan.

Produk Tiens memiliki kriteria tertentu dalam menemukan target pasar target. Di antara mereka, seseorang yang memiliki masalah dengan bentuk tubuh, warna kulit, masalah wajahnya kurang putih kurang bersih, warna kulit kusam, masalah tinggi, masalah berbagai penyakit seperti diabetes. Menurut orang pemasaran produk tiens "Biasanya saya menawarkan Produk Tiens ke orang-orang yang memiliki masalah dengan bentuk tubuhnya, warna kulit, masalah wajahnya kurang putih kurang bersih, warna kulit kusam, masalah tinggi, masalah berbagai penyakit seperti diabetes, asam urat, kolestrol, rematik, darah tinggi, asam lambung, maag kronis, dan kista".

Tiens juga menargetkan produk ini untuk semua usia. Karena produk ini teruji aman dan sudah terkenal di berbagai negara, maka ibu hamil pun bisa mengkonsumsi produk ini. Dan karena harga produknya yang mahal, maka target dari Produk Tiens adalah golongan menengah ke atas.

Dalam menentukan targer pasar ada kriteria target tersebut, Karena produk Tiens berfokus untuk membantu orang-orang mendapatkan tubuh yang idealnya, perawatan kecantikan dan menjaga kesehatan tubuh.

Tiens, target / sasaran yang paling potensial adalah orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan atau sebaliknya. Selain itu, produk tiens juga bisa untuk orang-orang yang menderita penyakit tertentu, tetapi tidak berhasil diserahkan kepada dokter.


D. Positioning (Penempatan Posisi Produk) :

Positioning adalah bagaimana membangun gambar atau identitas di benak konsumen untuk produk, merek, atau institusi tertentu dengan membangun persepsi relatif suatu produk pada produk lain.

Analisis positioning adalah proses analisis bagaimana merek perusahaan saat ini diterima oleh pasar. Ketika mengidentifikasi peluang bagi pangsa pasar, perusahaan perlu membandingkan apakah merek tersebut dapat sesuai dengan kebutuhan pasar. Khusus untuk usaha kecil yang menginginkan pangsa pasar yang menawarkan kesempatan yang baik untuk sukses. Dengan ini, perusahaan akan dapat secara lebih menentukan strategi yang akan digunakan nanti.

Positioning yang efektif membantu memandu strategi pemasaran dengan mengklarifikasi Essence / Core Brand, apakah tujuan itu membantu mencapai konsumen, dan cara kerjanya dengan cara yang unik.

Tidak seperti kebanyakan perusahaan pemasaran pemasaran multi-level lainnya, produk tiens memiliki posisi yang baik di segmen pasar kesehatan dan benar-benar menawarkan apa yang mereka janjikan. Ratifikasi oleh para influenser profesional juga sangat efektif untuk promosi.

Dalam upaya nya untuk menanamkan gambar di benak masyarakat :

Tiens selalu berusaha untuk menjadi suplemen spirulina dan produk gizi terbaik yang selalu diingat oleh masyarakat. Karena tiens sudah ada sekitar 27 tahun, kebanyakan orang sudah tahu produk kami.

Melalui produk Kesehatan yang ada didalam perusahaan Tiens Group, inilah beberapa produk ada didalam perusahaan Tienshi seperti : Peninggi badan, Pelangsing badan, Penggemuk badan yang sedang booming di Era zaman sekarang ini.

Selain karena produknya sudah ada puluhan tahun di Indonesia, Masyarakat semakin mudah mengenali tiens. Dan itu juga merupakan banyak bukti keberhasilan orang-orang yang mencapai berat badan ideal dan hidup bahagia karena mereka ingin berubah, yang membuat orang mengingat kami jika Anda mencari produk diet, peninggi badan, penggemuk badan, perawatan kecantikan, dan lain-lain.


E. Penutup

Strategi pemasaran terdiri dari tiga tahap, yaitu segmentasi, penargetan, posisi. Segmentasi pasar pada dasarnya adalah strategi untuk memahami struktur audiens, penargetan adalah masalah bagaimana memilih, memilih dan menjangkau audiens target. Proses selanjutnya adalah membuat posisi, strategi untuk memasuki jendela otak konsumen sehingga dapat membentuk persepsi baik di benak konsumen.

Demikian lah analisis dari produk tiens menggunakan segmentasi, targeting, dan positioning. Terimakasih semuanya yang sudah membaca blog saya ini...


Komentar