Penjualan PlayStation, Ringkasan Eksekutif (Executive Summary) Dan Idea Business BMC
IDEA BUSINESS BMC
A. RINGKASAN
EKSEKUTIF
Ringkasan eksekutif (executive
summary) adalah bagian dari rencana bisnis (atau laporan lainnya) yang
biasanya ditempatkan di depan yang secara ringkas menjelaskan komponen utama
yang akan dirinci pada bagian laporan selanjutnya. Pada dasarnya ringkasan
eksekutif harus menjelaskan siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana
rencana bisnis (atau laporan lainnya).
Game Play Station merupakan salah satu hiburan yang
sedang digemari oleh banyak pecinta game. Selain menarik, semua game yang ada
juga mudah untuk dipelajari. Awalnya dari PS1, yang hanya mengutamakan gerakan
2D hingga PS3 keluaran terbaru yang menonjolkan bentuk gambar 3D dan sekarang
PS4 dengan gambar yang jernih dan detail didukung gambar 4K, membuat PS4 jauh
lebih unggul dibanding generasi sebelumnya.
PS1, PS2, PS3 dan PS4 masing-masing mempunyai kelebihan.
Sebagian alasan tersebutlah yang menjadi daya tarik dari game ini. Akan tetapi,
banyak pecinta game Play Station yang tidak mampu untuk membeli console PS4 itu
sendiri. Selain itu para pecinta Play Station lebih memilih membeli console PS3
dibanding PS4 karena menurut mereka, PS3 itu masih terjangkau harga nya dan
game-gamenya masih layak di mainkan ditahun 2020 sekarang ini, dibanding PS4,
PS3 mesin nya sangat tahan lama jika dimaikan bisa mencapai 10 jam waktu yang
lama dan awet mesin nya.
Harga PS4 dan PS3 itu jauh banget, PS4 harganya 5 juta
sampai 7 juta, sedangkan PS3 harganya bisa 2.8 juta sampai 3 juta, makanya
banyak konsumen yang masih membeli PS3 memang karena harganya sangat terjangkau
sekali.
Toko kami akan memberikan pelayanan yang terbaik dan
memuaskan konsumen. Toko kami akan memberikan yang special dengan menyediakan
game-game animasi terbaru dan terpopuler.
Seiring dengan usaha yang kami dirikan dalam bentuk toko Playstation maka dari itu, kami sebagai pihak pendiri ingin sekali memberikan sesuatu yang membuat para pelanggan kami dapat menikmati segala fasilitas yang kami berikan. Disamping itu juga kami ingin memberikan suatu kesempatan untuk para pecinta game playstation menikmati dan memilih game-game yang ada dan yang mau di isi dan di beli.
B. PERENCANAAN AWAL BISNIS
1.
Place (Tempat)
Lokasi yang akan kami pilih adalah di daerah pemukiman
yang ramai, misalnya dekat pasar atau rumah yang padat penduduk. Tempat yang
akan digunakan adalah ruangan berukuran 8 x 4 meter toko atau ruko. Untuk
memberikan kenyamanan kepada pelanggan, kami berencana untuk memberikan
beberapa fasilitas khusus yang belum tentu dimiliki oleh para toko penjual
Playstation :
-
Tempat duduk yang nyaman bagi pembeli atau pelanggan yang menunggu untuk
membeli game.
- Ruangan yang nyaman dengan 2 buah kipas angin
- Tempat parkir kendaraan.
- Air minum dan makanan snack.
- Fasilitas wifi
2.
People (Pekerja)
Kami akan mempekerjakan tiga orang untuk menjaga toko Playstation.
Sebelum kami menerima orang tersebut sebagai pekerja, terlebih dahulu kami akan
memberikan bimbingan kepada pekerja kami untuk dapat melayani para pelanggan yang
ingin membeli atau mengisi game di toko kami dengan ramah dan sopan. Dengan
demikian para pelanggan akan puas dengan pelayanan yang diberikan.
3.
Price (Harga)
Harga yang kami berikan kepada pelanggan untuk membeli
console atau mengisi game adalah untuk membeli PS4 harganya Rp. 5.000.000
Rupiah sampai Rp. 7.000.000 Rupiah dan PS3 harga Rp. 2.800.000 Rupiah sampai Rp.
3.000.000 Rupiah, untuk game PS4 harga satu game Rp. 500.000 sampai Rp. 800.000
dan PS3 satu game nya Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000. Untuk selanjutnya kami
akan menyesuaikan harga dengan kenaikan beban atau biaya.
4.
Promotion (Promosi)
Alat promosi yang akan kami gunakan adalah :
- Brosur
- Sticker
- Spanduk
5.
Event dan Diskon Khusus
Kami akan memberikan layanan yang memuaskan bagi
pelanggan kami yaitu, mereka bebas memilih games sesuka hati sesuai selera pelanggan
Setiap awal bulan kami juga akan mengadakan pertandingan
games sepak bola yaitu PES 2021 nanti
Dan kami juga akan memberikan diskon khusus, setiap
pelanggan yang suka dengan pelayanan kami akan kami berikan 1 kupon yang bisa ditukar
dengan gratis bermain 5 jam apabila kupon terakumulasi sebanyak 10 Kupon.
Dan para konsumen yang membeli console akan kami kasih
diskon harga dan gratis 2 game, mau itu PS4 ataupun PS3 akan kami kasih diskon
terbaik.
6.
Operasional
Bisnis ini merupakan bisnis yang bergerak dibidang
pengusaha yaitu menjual game Station dan console Playstation. Bisnis ini
ditujukan untuk para pecinta game. Jam kerja toko Play Station kami dimulai
dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 21.00 setiap hari.
Pemasaran yang kami lakukan adalah dengan menyebarkan
brosur dibeberapa tempat, dan memasang spanduk didepan toko. Dengan brosur dan
spanduk kami berharap para pecinta game khususnya PS3 dan PS4 akan tahu dimana
keberadaan toko yang menjual atau mengisi game berada dan toko kami buka.
Kami memperkerjakan tiga orang pekerja untuk menjaga toko
yang akan kami buka. Kami akan menggaji Rp 450.000 setiap bulannya.
1.
Pasar Konsumen
Target pasar kami adalah semua pecinta game, khususnya
Play Station. Kami tidak memberikan batasan umur kepada para pelanggan yang
berkunjung ke toko kami, karena dari survei yang sudah kami lakukan game Play
Station ini tidak hanya disukai oleh kalangan anak-anak saja akan tetapi anak
muda dan orang tua pun banyak yang menyukai. Jadi intinya aspek pemasaran yang
kami berikan tanpa batasan umur/ umum bagi pecinta pemain game Playstation.
2.
Pasar Produsen
Bentuk pasar produsen yang kami pilih adalah pasar
persaingan sempurna. Karena tidak hanya satu atau dua orang saja yang
berkecimpung dalam bisnis ini. Dengan pemilihan lokasi yang tepat, maka kami
yakin bisnis ini akan bertahan lama. Akan tetapi kami tetap menggunakan beberapa
strategi untuk menarik dan mempertahankan pelanggan dalam bisnis ini. Ada
beberapa strategi yang akan kami lakukan, yang menurut kami akan mampu untuk
menarik dan mempertahankan pelanggan kami.
D. PERSAINGAN
1.
Persaingan bisnis berkaitan dengan kualitas pelayanan, kenyamanan tempat, dan
kelengkapan console dan game yang tersedia.
2.
Toko kami akan bersaing bukan hanya dengan sesama toko PS, tapi juga dengan
warnet yang mulai menyediakan game online dan game online di android.
E. Manajemen
dan Sumber Daya manusia
1.
Manajemen
Dalam menjalankan bisnis penjualan Playstation kami hanya
mempekerjakan tiga orang saja. Sebagian masalah yang berhubungan dengan usaha
ini kami mempercayakannya kepada pekerja tersebut. Sebagian lainnya kami
sebagai pemilik yang akan mengcovernya. Berikut tugas dari pekerja dan tugas
kami selaku pemilik.
1. Tugas Pekerja :
- Menjaga barang-barang
- Melayani konsumen
- Merawat aksesoris PS
- Melaporkan keuangan kepada pemilik
- Melaporkan kerusakan kepada pemilik
- Melaporkan keluhan konsumen
- Memberikan Kupon Game Gratis
- Mencatat pendaftar pertandingan PES
2. Tugas Pendiri (Pemilik) :
- Membuat pembukuan (keuangan)
- Menerima semua laporan dari pekerja
- Memantau bisnis
- Membeli keperluan PS3 dan PS4, seperti IC dan stik PS
dan lain-lain
- Menggaji pekerja
3. Tugas Pekerja (ketiga) :
- Menservis kerusakan PS atau Stik
- Mencari Komponen yang di perlu untuk servis PS
Dalam manajemen bisnis yang didirikan, kami hanya menitik
beratkan pada hubungan antara pekerja dan dengan kami sebagai pemilik toko.
Untuk mempercayakan sebagian masalah kepada pekerja bukan hal yang mudah.
Terlebih dahulu kami menyeleksi orang-orang yang bersedia untuk bekerja dengan
kami.
4. Sumber Daya Manusia
Tenaga kerja adalah bagian penting dari sebuah bisnis. Tanpa pekerja usaha apapun tidak akan dapat beroperasi. Begitu juga dengan bisnis yang akan kami dirikan. Kami harus memilih pekerja yang teliti, rajin, jujur, dan professional memiliki kemampuan dan ke ahlian dan loyalitas yang tinggi terhadap pekerjaan.
F. 5 Block BMC :
1. Customer segments
Menentukan siapa target konsumen yang akan disasar. Pada
elemen ini, kamu bisa menjabarkan segmen pasar yang akan menjadi fokus
pengusaha. Misalnya, bisa dilihat dari tingkat ekonomi, kondisi sosial, usia,
atau perilaku khusus yang mempengaruhinya.
2. Value Proposition
Gampangnya, poin ini menggambarkan apa kelebihan produk
yang kamu tawarkan. Kira-kira, apa saja manfaat yang bisa didapat oleh konsumen
bila mereka memilih produk kita atau jasa yang kita tawarkan. Poin ini juga
akan menuntut kreativitas dari si pengusaha untuk menghasilkan sebuah inovasi.
3. Channels
Channels di sini maksudnya adalah metode penjualan atau
cara untuk menyajikan produk kepada konsumen. Secara umum, channels bisa dibagi
menjadi dua metode, yakni secara langsung atau tak langsung.
Secara langsung artinya pengusaha menjual produk secara
langsung kepada pelanggan. Bisa melalui toko sendiri atau berjualan online.
Secara tak langsung, artinya produk dijual melalui
perantara. Bisa dengan dititip ke retail atau bekerja sama dengan e-commerce
seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dan lainnya.
4. Customer Relationship
Sesuai namanya, hubungan dengan konsumen, poin ini
menuntutmu menyiapkan sebuah wadah yang cocok sebagai penghubung antara penjual
dengan konsumen. Ingat, pelanggan adalah raja. Oleh karenanya, kepuasan
pelanggan harus menjadi tujuan nomor 1.
Demi mempertahankan atau bahkan meningkatkan jumlah
pelanggan ini, perlu ada satu wadah untuk bisa mengomunikasikan ide perusahaan
dan menampung masukan pelanggan.
Bagaimana caranya? Media sosial bisa menjadi solusi.
Media sosial atas merek yang kita tawarkan bisa menjadi
jembatan antara penjual dengan konsumen. Penjual bisa menawarkan
produk-produknya, sementara pelanggan bisa memberikan masukan atau pertanyaan.
5. Revenue Streams
Secara harfiah, revenue
streams berarti aliran pendapatan. Maksudnya, penjual harus punya aliran
uang masuk yang jelas. Misalnya, sebuah perusahaan produsen pakaian. Maka
aliran pendapatan berasal dari hasil penjualan kepada konsumen.
Penjualan yang dilakukan pun bisa dilakukan secara langsung
atau tidak langsung. Demi meningkatkan revenue
streams, maka perlu ada inovasi produk dari si penjual.
G. Analisi
SWOT :
Strength
(Kekuatan)
1. Kami
dapat merespon dengan cepat setiap permintaan pelanggan tanpa harus melalui
birokrasi yang panjang.
2. Kami
memiliki biaya overhead yang rendah, sehingga dapat memberikan tawaran harga
yang paling baik bagi pelanggan.
3. Kami sangat memperhatikan setiap permintaan dan
kebutuhan pelanggan.
4. Kami sangat fleksibel dalam menangani setiap kasus dan
permintaan pelanggan.
Weakness(Kelemahan)
1. Pekerja kami masih memiliki kemampuan yang rendah
dibidang-bidang tertentu.
2. Usaha kami memiliki keterbatasan dalam permodalan.
3. Cash flow kadang-kadang tidak lancar.
4. Lokasi Usaha letaknya di tempat yang kurang strategis.
Opportunities
(Peluang)
1. Sektor yang kami tekuni sedang mengalami kenaikan.
2. Pemerintah sangat mendukung pengusaha lokal seperti
kami.
3. Belum ada persaingan yang ketat dalam sektor yang kami
tekuni.
4. Hanya dengan modal yang rendah kami dapat memulai
bisnis dengan baik.
Threats
(Ancaman)
1. Perkembangan teknologi yang cepat di bidang ini berada
di luar kemampuan kami sehingga dapat menyebabkan kami terlambat dalam
mengadopsinya.
2. Perubahan strategi pesaing dapat mengancam posisi kami
di bidang ini.
3. Kurangnya
minat perbankan dalam membiayai pendanaan untuk pengusaha seperti kami yang
kami tekuni saat ini.
Komentar
Posting Komentar
Selalu berkomentar dengan baik tidak saling menghina apalagi saling menghujat, berkomentar lah dengan baik, bermotivasi, berkarakter, jiwa muda, jiwa sosial, empati. dan simpati kalian.