Penjualan PlayStation, Ringkasan Eksekutif (Executive Summary) Dan Idea Business BMC

 


IDEA BUSINESS BMC


A. RINGKASAN EKSEKUTIF

Ringkasan eksekutif (executive summary) adalah bagian dari rencana bisnis (atau laporan lainnya) yang biasanya ditempatkan di depan yang secara ringkas menjelaskan komponen utama yang akan dirinci pada bagian laporan selanjutnya. Pada dasarnya ringkasan eksekutif harus menjelaskan siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana rencana bisnis (atau laporan lainnya).

Game Play Station merupakan salah satu hiburan yang sedang digemari oleh banyak pecinta game. Selain menarik, semua game yang ada juga mudah untuk dipelajari. Awalnya dari PS1, yang hanya mengutamakan gerakan 2D hingga PS3 keluaran terbaru yang menonjolkan bentuk gambar 3D dan sekarang PS4 dengan gambar yang jernih dan detail didukung gambar 4K, membuat PS4 jauh lebih unggul dibanding generasi sebelumnya.

PS1, PS2, PS3 dan PS4 masing-masing mempunyai kelebihan. Sebagian alasan tersebutlah yang menjadi daya tarik dari game ini. Akan tetapi, banyak pecinta game Play Station yang tidak mampu untuk membeli console PS4 itu sendiri. Selain itu para pecinta Play Station lebih memilih membeli console PS3 dibanding PS4 karena menurut mereka, PS3 itu masih terjangkau harga nya dan game-gamenya masih layak di mainkan ditahun 2020 sekarang ini, dibanding PS4, PS3 mesin nya sangat tahan lama jika dimaikan bisa mencapai 10 jam waktu yang lama dan awet mesin nya.

Harga PS4 dan PS3 itu jauh banget, PS4 harganya 5 juta sampai 7 juta, sedangkan PS3 harganya bisa 2.8 juta sampai 3 juta, makanya banyak konsumen yang masih membeli PS3 memang karena harganya sangat terjangkau sekali.

Toko kami akan memberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan konsumen. Toko kami akan memberikan yang special dengan menyediakan game-game animasi terbaru dan terpopuler.

Seiring dengan usaha yang kami dirikan dalam bentuk toko Playstation maka dari itu, kami sebagai pihak pendiri ingin sekali memberikan sesuatu yang membuat para pelanggan kami dapat menikmati segala fasilitas yang kami berikan. Disamping itu juga kami ingin memberikan suatu kesempatan untuk para pecinta game playstation menikmati dan memilih game-game yang ada dan yang mau di isi dan di beli.


B. PERENCANAAN AWAL BISNIS

1. Place (Tempat)

Lokasi yang akan kami pilih adalah di daerah pemukiman yang ramai, misalnya dekat pasar atau rumah yang padat penduduk. Tempat yang akan digunakan adalah ruangan berukuran 8 x 4 meter toko atau ruko. Untuk memberikan kenyamanan kepada pelanggan, kami berencana untuk memberikan beberapa fasilitas khusus yang belum tentu dimiliki oleh para toko penjual Playstation :

- Tempat duduk yang nyaman bagi pembeli atau pelanggan yang menunggu untuk membeli game.

- Ruangan yang nyaman dengan 2 buah kipas angin

- Tempat parkir kendaraan.

- Air minum dan makanan snack.

- Fasilitas wifi

2. People (Pekerja)

Kami akan mempekerjakan tiga orang untuk menjaga toko Playstation. Sebelum kami menerima orang tersebut sebagai pekerja, terlebih dahulu kami akan memberikan bimbingan kepada pekerja kami untuk dapat melayani para pelanggan yang ingin membeli atau mengisi game di toko kami dengan ramah dan sopan. Dengan demikian para pelanggan akan puas dengan pelayanan yang diberikan.

3. Price (Harga)

Harga yang kami berikan kepada pelanggan untuk membeli console atau mengisi game adalah untuk membeli PS4 harganya Rp. 5.000.000 Rupiah sampai Rp. 7.000.000 Rupiah dan PS3 harga Rp. 2.800.000 Rupiah sampai Rp. 3.000.000 Rupiah, untuk game PS4 harga satu game Rp. 500.000 sampai Rp. 800.000 dan PS3 satu game nya Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000. Untuk selanjutnya kami akan menyesuaikan harga dengan kenaikan beban atau biaya.

4. Promotion (Promosi)

Alat promosi yang akan kami gunakan adalah :

- Brosur

- Sticker

- Spanduk

5. Event dan Diskon Khusus

Kami akan memberikan layanan yang memuaskan bagi pelanggan kami yaitu, mereka bebas memilih games sesuka hati sesuai selera pelanggan

Setiap awal bulan kami juga akan mengadakan pertandingan games sepak bola yaitu PES 2021 nanti

Dan kami juga akan memberikan diskon khusus, setiap pelanggan yang suka dengan pelayanan kami akan kami berikan 1 kupon yang bisa ditukar dengan gratis bermain 5 jam apabila kupon terakumulasi sebanyak 10 Kupon.

Dan para konsumen yang membeli console akan kami kasih diskon harga dan gratis 2 game, mau itu PS4 ataupun PS3 akan kami kasih diskon terbaik.

6. Operasional

Bisnis ini merupakan bisnis yang bergerak dibidang pengusaha yaitu menjual game Station dan console Playstation. Bisnis ini ditujukan untuk para pecinta game. Jam kerja toko Play Station kami dimulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 21.00 setiap hari.

Pemasaran yang kami lakukan adalah dengan menyebarkan brosur dibeberapa tempat, dan memasang spanduk didepan toko. Dengan brosur dan spanduk kami berharap para pecinta game khususnya PS3 dan PS4 akan tahu dimana keberadaan toko yang menjual atau mengisi game berada dan toko kami buka.

Kami memperkerjakan tiga orang pekerja untuk menjaga toko yang akan kami buka. Kami akan menggaji Rp 450.000 setiap bulannya.

 




C. PASAR & PELANGGAN

1. Pasar Konsumen

Target pasar kami adalah semua pecinta game, khususnya Play Station. Kami tidak memberikan batasan umur kepada para pelanggan yang berkunjung ke toko kami, karena dari survei yang sudah kami lakukan game Play Station ini tidak hanya disukai oleh kalangan anak-anak saja akan tetapi anak muda dan orang tua pun banyak yang menyukai. Jadi intinya aspek pemasaran yang kami berikan tanpa batasan umur/ umum bagi pecinta pemain game Playstation.

2. Pasar Produsen

Bentuk pasar produsen yang kami pilih adalah pasar persaingan sempurna. Karena tidak hanya satu atau dua orang saja yang berkecimpung dalam bisnis ini. Dengan pemilihan lokasi yang tepat, maka kami yakin bisnis ini akan bertahan lama. Akan tetapi kami tetap menggunakan beberapa strategi untuk menarik dan mempertahankan pelanggan dalam bisnis ini. Ada beberapa strategi yang akan kami lakukan, yang menurut kami akan mampu untuk menarik dan mempertahankan pelanggan kami.

 

D. PERSAINGAN

1. Persaingan bisnis berkaitan dengan kualitas pelayanan, kenyamanan tempat, dan kelengkapan console dan game yang tersedia.

2. Toko kami akan bersaing bukan hanya dengan sesama toko PS, tapi juga dengan warnet yang mulai menyediakan game online dan game online di android.

 

E. Manajemen dan Sumber Daya manusia

1. Manajemen

Dalam menjalankan bisnis penjualan Playstation kami hanya mempekerjakan tiga orang saja. Sebagian masalah yang berhubungan dengan usaha ini kami mempercayakannya kepada pekerja tersebut. Sebagian lainnya kami sebagai pemilik yang akan mengcovernya. Berikut tugas dari pekerja dan tugas kami selaku pemilik.

1. Tugas Pekerja :

- Menjaga barang-barang

- Melayani konsumen

- Merawat aksesoris PS

- Melaporkan keuangan kepada pemilik

- Melaporkan kerusakan kepada pemilik

- Melaporkan keluhan konsumen

- Memberikan Kupon Game Gratis

- Mencatat pendaftar pertandingan PES

2. Tugas Pendiri (Pemilik) :

- Membuat pembukuan (keuangan)

- Menerima semua laporan dari pekerja

- Memantau bisnis

- Membeli keperluan PS3 dan PS4, seperti IC dan stik PS dan lain-lain

- Menggaji pekerja

3. Tugas Pekerja (ketiga) :

- Menservis kerusakan PS atau Stik

- Mencari Komponen yang di perlu untuk servis PS

Dalam manajemen bisnis yang didirikan, kami hanya menitik beratkan pada hubungan antara pekerja dan dengan kami sebagai pemilik toko. Untuk mempercayakan sebagian masalah kepada pekerja bukan hal yang mudah. Terlebih dahulu kami menyeleksi orang-orang yang bersedia untuk bekerja dengan kami.

4. Sumber Daya Manusia

Tenaga kerja adalah bagian penting dari sebuah bisnis. Tanpa pekerja usaha apapun tidak akan dapat beroperasi. Begitu juga dengan bisnis yang akan kami dirikan. Kami harus memilih pekerja yang teliti, rajin, jujur, dan professional memiliki kemampuan dan ke ahlian dan loyalitas yang tinggi terhadap pekerjaan.


F. 5 Block BMC :

1. Customer segments

Menentukan siapa target konsumen yang akan disasar. Pada elemen ini, kamu bisa menjabarkan segmen pasar yang akan menjadi fokus pengusaha. Misalnya, bisa dilihat dari tingkat ekonomi, kondisi sosial, usia, atau perilaku khusus yang mempengaruhinya.

2. Value Proposition

Gampangnya, poin ini menggambarkan apa kelebihan produk yang kamu tawarkan. Kira-kira, apa saja manfaat yang bisa didapat oleh konsumen bila mereka memilih produk kita atau jasa yang kita tawarkan. Poin ini juga akan menuntut kreativitas dari si pengusaha untuk menghasilkan sebuah inovasi.

3. Channels

Channels di sini maksudnya adalah metode penjualan atau cara untuk menyajikan produk kepada konsumen. Secara umum, channels bisa dibagi menjadi dua metode, yakni secara langsung atau tak langsung.

Secara langsung artinya pengusaha menjual produk secara langsung kepada pelanggan. Bisa melalui toko sendiri atau berjualan online.

Secara tak langsung, artinya produk dijual melalui perantara. Bisa dengan dititip ke retail atau bekerja sama dengan e-commerce seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dan lainnya.

4. Customer Relationship

Sesuai namanya, hubungan dengan konsumen, poin ini menuntutmu menyiapkan sebuah wadah yang cocok sebagai penghubung antara penjual dengan konsumen. Ingat, pelanggan adalah raja. Oleh karenanya, kepuasan pelanggan harus menjadi tujuan nomor 1.

Demi mempertahankan atau bahkan meningkatkan jumlah pelanggan ini, perlu ada satu wadah untuk bisa mengomunikasikan ide perusahaan dan menampung masukan pelanggan.

Bagaimana caranya? Media sosial bisa menjadi solusi.

Media sosial atas merek yang kita tawarkan bisa menjadi jembatan antara penjual dengan konsumen. Penjual bisa menawarkan produk-produknya, sementara pelanggan bisa memberikan masukan atau pertanyaan.

5. Revenue Streams

Secara harfiah, revenue streams berarti aliran pendapatan. Maksudnya, penjual harus punya aliran uang masuk yang jelas. Misalnya, sebuah perusahaan produsen pakaian. Maka aliran pendapatan berasal dari hasil penjualan kepada konsumen.

Penjualan yang dilakukan pun bisa dilakukan secara langsung atau tidak langsung. Demi meningkatkan revenue streams, maka perlu ada inovasi produk dari si penjual.

 

G. Analisi SWOT :

Strength (Kekuatan)

1. Kami dapat merespon dengan cepat setiap permintaan pelanggan tanpa harus melalui birokrasi yang panjang.

2. Kami memiliki biaya overhead yang rendah, sehingga dapat memberikan tawaran harga yang paling baik bagi pelanggan.

3. Kami sangat memperhatikan setiap permintaan dan kebutuhan pelanggan.

4. Kami sangat fleksibel dalam menangani setiap kasus dan permintaan pelanggan.

Weakness(Kelemahan)

1. Pekerja kami masih memiliki kemampuan yang rendah dibidang-bidang tertentu.

2. Usaha kami memiliki keterbatasan dalam permodalan.

3. Cash flow kadang-kadang tidak lancar.

4. Lokasi Usaha letaknya di tempat yang kurang strategis.

Opportunities (Peluang)

1. Sektor yang kami tekuni sedang mengalami kenaikan.

2. Pemerintah sangat mendukung pengusaha lokal seperti kami.

3. Belum ada persaingan yang ketat dalam sektor yang kami tekuni.

4. Hanya dengan modal yang rendah kami dapat memulai bisnis dengan baik.

Threats (Ancaman)

1. Perkembangan teknologi yang cepat di bidang ini berada di luar kemampuan kami sehingga dapat menyebabkan kami terlambat dalam mengadopsinya.

2. Perubahan strategi pesaing dapat mengancam posisi kami di bidang ini.

3. Kurangnya minat perbankan dalam membiayai pendanaan untuk pengusaha seperti kami yang kami tekuni saat ini.


Komentar