PITCH DECK DALAM BISNIS TIENS

I. OPENING

Halo teman-teman saya di sini akan menjelaskan apa itu pitch deck dan bagaimana membuat pitch deck. Saya di sini untuk menjelaskan sedikit tentang pitch deck, tampilan presentasi yang akan kami tampilkan kepada mitra bisnis kami, tentang bisnis yang kami jalankan sehingga mereka tahu dan dengan mudah memahaminya, pitch deck bagus untuk kami sebagai yang besar Pengusaha yang berada dalam pertemuan besar dengan investor besar di berbagai negara, pitch deck sangat baik digunakan untuk memudahkan kami untuk menampilkan pekerjaan bisnis kami kepada mereka dengan gaya bahasa kami sehingga mereka dengan mudah memahami dan tertarik dalam kerja sama antara pebisnis.

Pitch Deck biasanya didefinisikan atau ditafsirkan sebagai presentasi singkat yang menggambarkan rencana bisnis bisnis atau kelaparan. Pitch Deck memiliki peran yang sangat penting, bahkan biasanya analog dengan 'senjata' yang digunakan oleh pendiri ide bisnis untuk memastikan keberhasilan implementasi ide menjadi bisnis atau startup yang nyata.

II. PENGERTIAN, TUJUAN DAN MANFAAT PITCH DECK

Pitch Deck adalah presentasi singkat yang menjelaskan gambaran umum rencana bisnis Anda. Dengan bantuan ini, Anda dapat menjelaskan apa produk Anda bagi investor potensial dan membuat mereka tertarik untuk menyediakan dana untuk bisnis Anda.

TUJUAN :

Tujuan membuat pitch deck adalah untuk menarik investor untuk ingin membiayai atau mendanai startup yang dibuat. Oleh karena itu, dalam membuat pitch deck tidak boleh ceroboh. Penampilannya harus menarik dan informatif. Selain itu, di Pitch Deck biasanya terdiri dari beberapa slide dan dengan jelas menceritakan tujuan dan ruang lingkup bisnis startup Anda.

Tujuan umum dari persiapan pitch deck, yang digunakan untuk menginformasikan atau melemparkan ide bisnis kepada calon pengguna (pelanggan), co-founder (mitra bisnis), mitra bisnis atau pihak lain yang dianggap dapat membantu atau mendukung Pengembangan ide bisnis, kemudian pitch deck dapat digunakan di setiap tahap bisnis atau siklus startup.

Tujuan membuat pitch deck adalah untuk memudahkan kita untuk memberikan penjelasan kepada investor dan konsumen potensial. File presentasi berfungsi sebagai tolok ukur untuk hal-hal apa pun yang akan kami sampaikan.

MANFAAT :

Dengan bantuan file presentasi, Anda dapat memperkenalkan produk Anda di depan calon investor lebih mudah, sehingga mereka dapat lebih tertarik untuk menyediakan dana.


III. UNSUR - UNSUR PITCH DECK

1. Cover

Adalah sesuatu yang menggambarkan bisnis startup secara singkat. Bayangkan Anda berada dalam kehidupan dengan investor, dan selama Dilif itu Anda harus dapat membujuk investor untuk mendanai ide-ide kami. Apa yang bisa kita lakukan? Hal yang bisa kita lakukan tentu saja adalah memiliki penutup yang baik. Memiliki kata -kata atau beberapa kalimat yang menarik sehingga investor dengan cepat tertarik untuk membiayai semua kebutuhan ide startup kami.

2. Problem

Kami menjelaskan masalah apa yang dialami oleh masyarakat kami. Oke, kami membayangkan kami ingin membangun startup E-Commerce yang melayani penjualan dan pembelian produk Tiens, jadi jelaskan masalah yang saat ini diderita oleh orang-orang yang mengalami kesulitan menemukan produk-produk Tiens yang baik dan terpercaya. Atau masalah lain yang masih terkait, seperti menyediakan cara atau teknik untuk membangun penjualan melalui teknologi yang ada, ini telah dimasukkan dalam teknik personal selling.

3. Solution

Berisi solusi yang ditawarkan secara tepat dan akurat kedua solusi dalam hal situs, aplikasi, perangkat lunak atau lainnya. Yang penting adalah menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Berikan manfaat dari apa yang akan didapat konsumen sehingga mereka membutuhkan solusi yang Anda tawarkan. Jangan lupa bahwa produk yang merupakan solusi harus ramah pengguna dan mudah digunakan.

4. Market Size

Jelaskan berapa banyak orang yang membutuhkan produk dari bisnis startup kami. Contohnya adalah jika kita membuat bisnis startup tentang driver online, pasar harus sangat luas karena hampir kita semua membutuhkan transportasi yang mudah, cepat, aman dan ekonomis.

5. Product

Kami juga harus meningkatkan produk kami, terutama memahami apa selling point produk kami. Sederhananya, apa yang membedakan produk kami dari produk pesaing. Berikan jaminan kepada pelanggan (yang juga dijelaskan kepada investor potensial kami), jika-jika mereka membeli produk mereka, mereka akan mendapatkan produk yang lebih baik dan lebih baik dibandingkan dengan produk yang mereka beli di sana.

Kamu akan menjelaskan produk kamu secara singkat termasuk cara menggunakan produk tersebut. Berikan screenshot yang menggambarkan tentang cara pakai produk. Jika dalam bentuk video, pastikan singkat saja. Slide ini merupakan kesempatan yang baik untuk menawarkan teknologi dan inovasi apa yang kamu terapkan pada produk.

6. Business Model

Sebenarnya ketidakkonsistenan tidak tertarik pada produk kami. Tetapi hal yang adalah investor yang tertarik untuk mendanai bisnis kami adalah visi kami yang dapat menargetkan peluang pasar dan akan menyatakan nilai pengembalian atau menguntungkan atau menguntungkan.

Ini berisi bagaimana Anda akan memonetisasi. Ada investor tipe umum yang menyukai pendapatan aktif di mana pelanggan membayar ada juga pasif dengan pendapatan dari iklan dan afiliasi. Jelaskan bisnis model utama untuk mendapatkan pendapatan potensial. Sertakan bukti bahwa pelanggan yang menggunakan produk bersedia membayar. Ini menunjukkan produk yang dibutuhkan.


IV. TIPS DAN TRIK PITCH DECK

1. Buat pitch deck yang terdiri atas 10 – 15 slide

Saat melihat sebuah pitch deck, seorang investor sebenarnya hanya ingin melihat garis besar dari suatu produk atau jasa yang dipresentasikan. Waktu mereka biasanya tidak banyak, maka presentasi pitch deck harus singkat namun bisa memberikan gambaran yang jelas. Untuk itu, slide yang dipersiapkan pun tidak boleh terlalu panjang.

2. Pahami Materi Pitch Deck dengan Baik

Para investor ketika berhadapan dengan startup tahap awal biasanya tidak akan terlalu memikirkan akurasi data yang ditunjukkan para founder di dalam pitch deck. Mereka justru lebih ingin melihat bagaimana cara berpikir para founder dalam menemukan angka tersebut, dan bagaimana menghubungkannya dengan bisnis yang sedang dipresentasikan.

3. Gunakan ukuran huruf yang mudah terbaca

Pitch deck bukanlah sebuah laporan atau skripsi yang akan dibaca kata per kata oleh sang investor. Mereka biasanya akan membaca sekilas untuk menghemat waktu, dan berusaha menangkap apa sebenarnya produk atau ide bisnis yang akan dikembangkan. Karena itu, sebaiknya sebuah pitch deck disusun dengan mengunakan ukuran font yang cukup besar (diatas 24) dan mengetengahkan point-point pentingnya saja.

4. Hindari penggunaan kata-kata yang rumit dan bertele-tele

Selain untuk menghemat waktu, langkah ini pun perlu di lakukan agar sang investor bisa mudah memahami produk yang tengah dipresetasikan. Contoh kalimat rumit: “Kami membuat sebuah perpaduan teknologi kecerdasan buatan dan blockchain di dunia perbankan.” Contoh kalimat sederhana: “Produk kami memungkinkan orang yang tidak mempunyai rekening bank untuk bisa bertransaksi online.”

5. Pelajari pitch deck dari perusahaan lain

Bagi founder yang baru pertama kali mendirikan startup, ada baiknya untuk mempelajari pitch deck yang buatan perusahaan lain, dan sukses mengantarkan pembuatnya mendapatkan pendanaan besar. Tidak perlu meniru seluruhnya, tapi cukup melihat cara mereka menampilkan data, lalu sesuaikan dengan kondisi startup Anda.


V. PENUTUP

Pitch Deck yang sukses membangun kepercayaan diri dan meningkatkan peluang kamu untuk mendapatkan dukungan. Menggunakan tips dan tema yang saya bagikan di tutorial ini, ikuti kerangka sederhana untuk membuat pitch deck profesional. Itulah startup pitch deck yang cocok untuk kamu yang hendak memulai bisnis startup. Dengan adanya pitch deck tersebut, kamu akan lebih mudah untuk mempresentasikan startup kamu dengan memberikan penjelasan atau gambaran umum dari rencana bisnis tersebut. Semoga tutorial di atas bermanfaat untuk kamu dan sukses untuk rencana bisnis startup kamu.



Komentar