DIGITAL MARKETING


Digital Marketing

I. Apa Itu Digital Marketing

Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.

Ada beragam akses untuk para calon konsumen agar dapat melihat penawaran anda, seperti Website, Blog, Iklan di Televisi, Media sosial (Instagram, Whatsapp, Line, Twitter, Facebook, Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dsb). Dari beberapa akses itulah mereka akan berkomunikasi kepada anda.

II. Strategi Digital Marketing

1. Adakan Giveaway

Strategi yang pertama untuk memasarkan produk bisnis kamu secara online adalah dengan mengadakan giveaway. Giveaway adalah acara spesial yang banyak dilakukan oleh toko online untuk meningkatkan jumlah pengikut dan membuat pengikut mengetahui keberadaan produk yang dijualnya.

2. Buat Konten Pemasaran Berupa Video

Kebanyakan konten dari pemasaran yang dilakukan secara digital adalah berbentuk foto atau review (tulisan). Padahal selain berbagai hal tersebut, masih ada konten pemasaran lain berupa video yang mungkin lebih mudah menjelaskan produk dengan spesifik. Kamu dapat mencoba menggunakan cara pemasaran dengan konten video ini. Walaupun membutuhkan proses yang lebih rumit menyiapkannya, namun hasilnya tidak akan mengecewakan.

3. Fokus dalam Pembuatan SEO yang Optimum

Strategi digital marketing yang mungkin paling disepelekan adalah SEO yang optimum. Kebanyakan masih belum mengakui bahwa SEO memiliki peranan yang sangat penting untuk meningkatkan digital traffic. Oleh sebab itu, bisnis kamu tidak boleh mengikuti strategi yang salah tersebut. Kamu tetap harus memastikan SEO sudah optimum, jika diperlukan gunakan tenaga berpengalaman untuk mengoptimalkan SEO bisnis kamu.

4. Gunakan Manfaat dari Hubungan Masyarakat (Humas)

Jangan lupa juga untuk memanfaatkan bagian humas untuk memberikan pelayanan terbaik dalam pemasaran digital. Karena pemasaran digital banyak melakukan interaksi dengan calon kostumer tidak langsung, maka bukan berarti humas dapat bertindak tidak semestinya. Apapun pertanyaan harus dijawab dengan tanggap, begitu juga jika ada keluhan dan pujian. Interaksi dengan konsumen atau calon konsumen akan sangat mempengaruhi keberlanjutan bisnis kamu.

5. Gunakan Pemasaran Melalui E-mail

Jika kamu memiliki daftar email pembeli di toko kamu sebelumnya, maka penting untuk memanfaatkan email tersebut sebagai alat pemasaran. Kirimkan katalog produk terbaru dan pasarkan produk-produk yang diminati oleh konsumen berdasarkan riwayat belanjanya. Tentu cara ini sangat efektif untuk membuat pembeli setia dan kembali membeli produk bisnis yang kamu jual.

6. Lakukan Kolaborasi

Satu lagi jenis strategi untuk melakuka digital marketing yang ampuh namun belum banyak dilakukan. Cara ini dilakukan dengan melakukan kolaborasi antar brand. Bersama-sama bisnsi kamu dan brand lain yang berkolaborasi dapat menargetkan konsumen setia dari kedua brand yang ada. Hasilnya pun tidak akan mengecewakan mengingat pengikut yang sebelumnya hanya mengikuti salah satu brand dapat berubah menjadi mengikuti keduanya.

7. Manfaatkan Media Sosial sebagai Tempat Pemasaran

Jangan lupa juga untuk membuat akun media sosial bisnis kamu. Semua cara-cara dan strategi pemasara secara digital yang dapat kamu lakukan harus menggunakan media sosial sebagai alatnya. Jadi pastikan untuk membuat akun bisnis yang atraktif dan sesuai dengan target konsumen yang kamu tuju. Misalnya dalam hal cara jual kaos online, maka pastikan membuat akun media sosial di instagram agar mudah mengunggah foto-foto produk kaos yang dijual.

8. Manfatkan Iklan Sebaik Mungkin

Iklan secara digital dapat dipastikan akan menjadi jauh lebih efektif daripada jenis iklan lainnya. Apalagi jika kamu memanfaatkan iklan menggunakan media sosial. Iklan produk bisnis kamu bahkan dapat langsung dikirimkan ke target konsumen sesuai yang kamu inginkan. Jadi pastikan untuk memanfaatkan iklan digital ini sebaik mungkin agar bisa merasakan keuntungannya.

9. Pasarkan Melalui Konten yang Menarik

Strategi yang terakhir walau terlihat sederhana, namun terkadang menjadi hal yang paling utama membuat digital marketing yang kamu lakukan tidak berjalan dengan lancar. Pemasaran secara digital dapat kamu lakukan dengan membuat konten yang menarik. Tanpa adanya konten yang menarik, bagaimana calon konsumen dapat tertarik untuk membeli produk yang kamu pasarkan.

10. Call To Action Marketing

Call to action marketing atau sering disingkat dengan CTA merupakan pemasaran menggunakan pernyataan yang dirancang untuk mendapatkan respon langsung dari orang yang membaca atau mendengarnya. Jika Anda menemukan kata-kata imperatif seperti “dapatkan informasi lengkap hanya di sini”, “dapatkan sekarang juga, promo terbatas”, “tonton video ini” dan lain sebagainya, berarti Anda telah terpapar strategi ini. Tujuan diaplikasikannya CTA adalah untuk mendapatkan klik atau pindaian kode QR.

11. Search Engine Marketing

Search engine marketing (SEM) adalah bentuk pemasaran di internet untuk meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencarian melalui kegiatan promosi website. Atau dengan kata lain “membeli” traffic dengan membayar mesin pencarian seperti Google.

 

III. Manfaat Digital Marketing

1. Menghubungkan Kamu dengan Konsumen di Internet

Saat ini konsumen sudah tak lagi mencari informasi mengenai suatu produk barang atau jasa melalui halaman iklan baris. Saat ini, setidaknya 80% konsumen menggunakan internet untuk memperoleh informasi mengenai produk barang atau jasa dengan lebih mudah dan nyaman.

Dengan banyaknya alat dan channel yang tersedia dalam pemasaran digital, pemilik usaha dapat mencapai target konsumen mereka yang rata-rata menghabiskan waktu mereka mencari informasi melalui internet.

2. Menghasilkan Penjualan yang Tinggi

Melalui digital marketing, Anda dapat menjangkau lebih banyak khalayak yang Anda targetkan. Anda juga dapat menghasilkan lead (prospek) dan mencapai peningkatan konversi (penjualan) sampai 24%. Pemasaran digital ‘membuka’ jalan upaya pemasaran yang akan membuahkan hasil yang menguntungkan.

3. Membuat Kamu Lebih Hemat

Pemasaran Digital Gartnet mengeluarkan laporan yang menunjukkan bagaimana para pengusaha kecil kini sudah mendapatkan banyak keuntungan dari pemasaran digital. Contohnya saja, sebanyak 40% dari mereka melaporkan adanya efisiensi biaya yang ada pada usaha mereka.

Usaha kecil yang dimaksudkan disini adalah usaha atau perusahaan yang memiliki sumber daya terbatas. Pemasaran digital kemudian bisa membantu pemilik usaha, tidak hanya menghasilkan generasi dan konsumen baru, namun juga membantu menghemat pengeluaran pengusaha.

4. Mengaktifkan Layanan Pelanggan Real-Time

Pemasaran digital menawarkan Anda adanya mekanisme respon konsumen atau pelanggan real-time, yang akan memberikan dampak besar pada keberhasilan usaha Anda menurut laporan dari eMarketer.

Keuntungan dari chanel pelayanan yang disediakan oleh pemasaran digital diantaranya adalah menghasilkan pendapatan yang lebih besar, mempertahankan pelanggan dan memberikan kepuasan layanan terhadap konsumen.

5. Menjangkau Pengguna Mobile (Smartphone)

Pemasaran digital membawa Anda memasuki area pasar raksasa, dimana kegiatan pemasaran digital melalui perangkat mobile menghasilkan hingga 34% dari keseluruhan trafik organik.

Menurut eMarketer, teknologi mobile juga mempengaruhi perilaku pembelian konsumen tersebut. Data menunjukkan bahwa 91% orang dewasa di Amerika Serikat selalu menggunakan perangkat mobile mereka setiap saat.

6. Membantu Menghasilkan Pendapatan Tinggi

Konsumen yang melakukan transaksi secara online membutuhkan enam poin utama untuk meyakinkan mereka agar melakukan pembelian, setelah itu mereka bahkan bisa empat kali lebih banyak melakukan pembelian dari konsumen biasanya.

Strategi pemasaran digital dikonfirmasi bisa mengasilkan peningkatan keuntungan 2,8 kali lebih besar bagi sebuah usaha dibandingkan dengan pemasaran tradisional.

7. ROI Menjadi Lebih Tinggi

Dalam laporan HubSpot, terkonfiramsi bahwa pemasaran digital dapat membantu Anda untuk menghasilkan Cost-Per-Lead (CPL) yang lebih baik dibandingkan dengan pemasaran tradisional atau bahkan telemarketing.

8. Menjaga Posisi Anda Terhadap Pesaing

Banyak merek dan usaha saat ini saling bersaing dengan campaign digital marketing mereka. Para pengusaha menggunakan bermacam-macam chanel termasuk display, PPC, dan penggunaan media sosial.

9. Membantu Anda Bersaing dengan Perusahaan Besar

Tidak hanya membuat posisi Anda sejajar dengan pesaing, namun digital marketing juga memungkinkan Anda untuk bersaing head to head dengan merek dan perusahaan besar.

10. Mempersiapkan Anda untuk Era Internet of Things

Gartner melaporkan bahwa pada tahun 2020 diperkirakan adanya 26 miliar gadget, smartphone, tablet, jam tangan, kacamata, sepatu dan peralatan lainnya yang akan saling terhubung dalam ekosistem online secara global yang akan membentuk era Internet of Things.

 

IV. Keunggulan Digital Marketing

1. Menjangkau Konsumen Lebih Luas

Media digital atau internet tidak mengenal batasan ruang, bahkan internet menembus batas-batas suatu negara yang artinya suatu pesan yang telah diunggah ke internet dapat dikonsumsi oleh khalayak dari seluruh dunia. Jika anda menyampaikan pesan informasi terkait produk dan promosi yang anda berikan, pesan tersebut dapat menjangkau khalayak yang lebih luas, tidak hanya lokal, tetapi juga nasional bahkan global. Berbeda dengan pemasaran atau iklan yang ditenpatkan pada billboard, surat kabar, atau radio. Media-media tersebut hanya mampu menjangkau suatu wilayah tertentu.

2. Hasil Terukur

Salah satu keistimewaan dari digital marketing lewat jasa agency adalah hasilnya lebih mudah untuk diukur. Pemasaran digital melalui media digital yang berbasis data memudahkan pemasar untuk melakukan monitoring proses pemasaran. Selama proses pemasaran, pemasar dapat mengumpulkan data hasil pemasaran mulai dari berapa banyak orang yang terpapar iklan, berapa banyak yang melakukan kunjungan, atau berapa banyak yang melakukan pembelian. Dari data tersebut dapat dihitung ROI (Return Of Invesment) yang diperoleh. Artinya pemasar dapat menghitung pendapatan yang diperoleh melalui pemasaran digital dengan suatu biaya tertentu. Sehingga proses evaluasi lebih mudah untuk dilakukan untuk menilai apakah aktivitas pemasaran tersebut efektif dan layak dipertahankan, ataukah harus mencari jenis kegiatan yang lain.

3. Penyampaian Informasi Lebih Cepat

Data digital lebih mudah diganti dan diperbarui. Oleh karena itu pesan atau iklan yang disampaikan melalui media digital lebih mudah untuk diperbarui. Selain lebih mudah, pembaruan atau penggantian informasi bisa lebih cepat dilakukan. Misalnya informasi terkait produk atau promosi yang anda sampaikan melalui website resmi ingin diubah, anda bisa melakukan perubahan saat itu juga. Berbeda dengan marketing konvensional, pembaruan informasi lebih sulit dilakukan karena media tersebut bukan milik perusahaan. Sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain itu perusahaan juga harus mengikuti jadwal sang pemilik media untuk melakukan update informasi.

4. Biaya Yang Dikeluarkan Lebih Murah

Seiring dengan kelebihan menggunakan digital marketing melalui jasa agency yang disampaikan pada poin pertama, bahwa jenis pemasaran ini memiliki jangkauan yang lebih luas, kegiatan pemasaran melalui media digital terbilang relatif lebih murah dibandingkan dengan metode marketing konvensional. Misalnya, pemasaran melalui media TV, Billboard, atau koran, dibutuhkan biaya ratusan hingga milyaran rupiah. Sedangkan pemasaran melalui media digital bisa dimulai dari angka puluhan ribu rupiah. Terlebih pemasar dapat memilih kelompok atau target tertentu.

5. Pemasaran Lebih Efektif dalam Menjangkau Customer

Kita bisa menarget ingin berapa jumlah pengunjung yang datang ke website atau toko online kita dalam sehari. Menggunakan beberapa media iklan digital marketing kita bisa melakukan hal ini.

Berbeda dengan toko offline, berapa banyak yang datang kita tidak bisa mengontrol, tergantung pada orang yang datang dan mungkin ramainya pada waktu atau event tertentu saja.

6. Data Pemasaran

Dalam semua aspek iklan digital, baik sebelum maupun sesudah melakukan iklan khususya dengan Google Ads dan Facebook Ads, keuntungan terbesarnya adalah data.

Data siapa saja audiens yang yang melihat iklan, kata kunci yang dicari, gender, usia, minat, dan lokasi. Semua data diatas bisa digunakan untuk mengelola ikllan yang lebih efektif dan efisien.

 

V. Kesimpulan

Berdasarkan makalah di atas, dapat disimpulkan bahwa teknologi berkembang dari zaman ke zaman. Pemasaran telah berkembang menjadi sangat berbasis teknologi, oleh sebab itu strategi digital marketing sangat penting untuk di kembangkan karena dapat mentargetkan target pasar yang berpotensial dan mengurangi biaya banyak. Berdasarkan hal ini, dapat di simpulkan bahwa masih perlu di kembangkannya strategi digital marketing sesuai dengan ide atau pemikiran yang kita sampaikan kepada konsumen dan pesaing kita.

Digital Marketing atau Pemasaran Digital, saat ini merupakan suatu keharusan untuk dilakukan bagi semua perusahaan dan merupakan strategi pemasaran yang efektif.

Strategi Digital Marketing minimal meliputi SMS Marketing, E-mail Marketing, Search Engine Marketing, Social Media Marketing, dan Content Marketing.

Saran

Diharapkan dalam pembuatan sebuah website kita bukan hanya membuat sebuah website dengan tampilan yang menarik atau pun dengan bahasa pemograman yang sulit, tetapi kita harus memikirkan apakah ada yang akan mengunjungi website yang dibuat dan apakah website tersebut akan mendatangkan keuntungan, oleh sebab itu penggunaan Digital Marketing sangatlah harus dilakukan untuk mempopulerkan website yang dibuat.

Komentar