DIGITAL MARKETING
Digital
Marketing
I.
Apa Itu Digital Marketing
Digital marketing
adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk
menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing adalah untuk
menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu,
penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak
heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh
perusahaan-perusahaan.
Ada beragam akses untuk para calon konsumen agar dapat melihat penawaran anda, seperti Website, Blog, Iklan di Televisi, Media sosial (Instagram, Whatsapp, Line, Twitter, Facebook, Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dsb). Dari beberapa akses itulah mereka akan berkomunikasi kepada anda.
II. Strategi Digital Marketing
1. Adakan Giveaway
Strategi yang pertama
untuk memasarkan produk bisnis kamu secara online adalah dengan mengadakan
giveaway. Giveaway adalah acara spesial yang banyak dilakukan oleh toko online
untuk meningkatkan jumlah pengikut dan membuat pengikut mengetahui keberadaan produk
yang dijualnya.
2. Buat Konten Pemasaran Berupa Video
Kebanyakan konten dari
pemasaran yang dilakukan secara digital adalah berbentuk foto atau review
(tulisan). Padahal selain berbagai hal tersebut, masih ada konten pemasaran
lain berupa video yang mungkin lebih mudah menjelaskan produk dengan spesifik.
Kamu dapat mencoba menggunakan cara pemasaran dengan konten video ini. Walaupun
membutuhkan proses yang lebih rumit menyiapkannya, namun hasilnya tidak akan
mengecewakan.
3. Fokus dalam Pembuatan SEO yang Optimum
Strategi digital
marketing yang mungkin paling disepelekan adalah SEO yang optimum. Kebanyakan
masih belum mengakui bahwa SEO memiliki peranan yang sangat penting untuk
meningkatkan digital traffic. Oleh sebab itu, bisnis kamu tidak boleh mengikuti
strategi yang salah tersebut. Kamu tetap harus memastikan SEO sudah optimum,
jika diperlukan gunakan tenaga berpengalaman untuk mengoptimalkan SEO bisnis
kamu.
4. Gunakan Manfaat dari Hubungan Masyarakat (Humas)
Jangan lupa juga untuk
memanfaatkan bagian humas untuk memberikan pelayanan terbaik dalam pemasaran
digital. Karena pemasaran digital banyak melakukan interaksi dengan calon
kostumer tidak langsung, maka bukan berarti humas dapat bertindak tidak
semestinya. Apapun pertanyaan harus dijawab dengan tanggap, begitu juga jika
ada keluhan dan pujian. Interaksi dengan konsumen atau calon konsumen akan
sangat mempengaruhi keberlanjutan bisnis kamu.
5. Gunakan Pemasaran Melalui E-mail
Jika kamu memiliki
daftar email pembeli di toko kamu sebelumnya, maka penting untuk memanfaatkan
email tersebut sebagai alat pemasaran. Kirimkan katalog produk terbaru dan
pasarkan produk-produk yang diminati oleh konsumen berdasarkan riwayat belanjanya.
Tentu cara ini sangat efektif untuk membuat pembeli setia dan kembali membeli
produk bisnis yang kamu jual.
6. Lakukan Kolaborasi
Satu lagi jenis
strategi untuk melakuka digital marketing yang ampuh namun belum banyak
dilakukan. Cara ini dilakukan dengan melakukan kolaborasi antar brand.
Bersama-sama bisnsi kamu dan brand lain yang berkolaborasi dapat menargetkan
konsumen setia dari kedua brand yang ada. Hasilnya pun tidak akan mengecewakan
mengingat pengikut yang sebelumnya hanya mengikuti salah satu brand dapat
berubah menjadi mengikuti keduanya.
7. Manfaatkan Media Sosial sebagai Tempat Pemasaran
Jangan lupa juga untuk
membuat akun media sosial bisnis kamu. Semua cara-cara dan strategi pemasara
secara digital yang dapat kamu lakukan harus menggunakan media sosial sebagai
alatnya. Jadi pastikan untuk membuat akun bisnis yang atraktif dan sesuai
dengan target konsumen yang kamu tuju. Misalnya dalam hal cara jual kaos
online, maka pastikan membuat akun media sosial di instagram agar mudah
mengunggah foto-foto produk kaos yang dijual.
8. Manfatkan Iklan Sebaik Mungkin
Iklan secara digital
dapat dipastikan akan menjadi jauh lebih efektif daripada jenis iklan lainnya.
Apalagi jika kamu memanfaatkan iklan menggunakan media sosial. Iklan produk
bisnis kamu bahkan dapat langsung dikirimkan ke target konsumen sesuai yang
kamu inginkan. Jadi pastikan untuk memanfaatkan iklan digital ini sebaik
mungkin agar bisa merasakan keuntungannya.
9. Pasarkan Melalui Konten yang Menarik
Strategi yang terakhir
walau terlihat sederhana, namun terkadang menjadi hal yang paling utama membuat
digital marketing yang kamu lakukan tidak berjalan dengan lancar. Pemasaran
secara digital dapat kamu lakukan dengan membuat konten yang menarik. Tanpa
adanya konten yang menarik, bagaimana calon konsumen dapat tertarik untuk
membeli produk yang kamu pasarkan.
10. Call To Action Marketing
Call to action
marketing atau sering disingkat dengan CTA merupakan pemasaran menggunakan
pernyataan yang dirancang untuk mendapatkan respon langsung dari orang yang
membaca atau mendengarnya. Jika Anda menemukan kata-kata imperatif seperti
“dapatkan informasi lengkap hanya di sini”, “dapatkan sekarang juga, promo
terbatas”, “tonton video ini” dan lain sebagainya, berarti Anda telah terpapar
strategi ini. Tujuan diaplikasikannya CTA adalah untuk mendapatkan klik atau
pindaian kode QR.
11. Search Engine Marketing
Search engine marketing
(SEM) adalah bentuk pemasaran di internet untuk meningkatkan visibilitas
website di halaman hasil mesin pencarian melalui kegiatan promosi website. Atau
dengan kata lain “membeli” traffic dengan membayar mesin pencarian seperti
Google.
III.
Manfaat Digital Marketing
1. Menghubungkan Kamu dengan Konsumen di Internet
Saat ini konsumen sudah
tak lagi mencari informasi mengenai suatu produk barang atau jasa melalui
halaman iklan baris. Saat ini, setidaknya 80% konsumen menggunakan internet
untuk memperoleh informasi mengenai produk barang atau jasa dengan lebih mudah
dan nyaman.
Dengan banyaknya alat
dan channel yang tersedia dalam pemasaran digital, pemilik usaha dapat mencapai
target konsumen mereka yang rata-rata menghabiskan waktu mereka mencari
informasi melalui internet.
2. Menghasilkan Penjualan yang Tinggi
Melalui digital
marketing, Anda dapat menjangkau lebih banyak khalayak yang Anda targetkan.
Anda juga dapat menghasilkan lead (prospek) dan mencapai peningkatan konversi
(penjualan) sampai 24%. Pemasaran digital ‘membuka’ jalan upaya pemasaran yang
akan membuahkan hasil yang menguntungkan.
3. Membuat Kamu Lebih Hemat
Pemasaran Digital
Gartnet mengeluarkan laporan yang menunjukkan bagaimana para pengusaha kecil
kini sudah mendapatkan banyak keuntungan dari pemasaran digital. Contohnya
saja, sebanyak 40% dari mereka melaporkan adanya efisiensi biaya yang ada pada
usaha mereka.
Usaha kecil yang
dimaksudkan disini adalah usaha atau perusahaan yang memiliki sumber daya
terbatas. Pemasaran digital kemudian bisa membantu pemilik usaha, tidak hanya
menghasilkan generasi dan konsumen baru, namun juga membantu menghemat
pengeluaran pengusaha.
4. Mengaktifkan Layanan Pelanggan Real-Time
Pemasaran digital
menawarkan Anda adanya mekanisme respon konsumen atau pelanggan real-time, yang
akan memberikan dampak besar pada keberhasilan usaha Anda menurut laporan dari
eMarketer.
Keuntungan dari chanel
pelayanan yang disediakan oleh pemasaran digital diantaranya adalah
menghasilkan pendapatan yang lebih besar, mempertahankan pelanggan dan
memberikan kepuasan layanan terhadap konsumen.
5. Menjangkau Pengguna Mobile (Smartphone)
Pemasaran digital
membawa Anda memasuki area pasar raksasa, dimana kegiatan pemasaran digital
melalui perangkat mobile menghasilkan hingga 34% dari keseluruhan trafik
organik.
Menurut eMarketer,
teknologi mobile juga mempengaruhi perilaku pembelian konsumen tersebut. Data
menunjukkan bahwa 91% orang dewasa di Amerika Serikat selalu menggunakan
perangkat mobile mereka setiap saat.
6. Membantu Menghasilkan Pendapatan Tinggi
Konsumen yang melakukan
transaksi secara online membutuhkan enam poin utama untuk meyakinkan mereka
agar melakukan pembelian, setelah itu mereka bahkan bisa empat kali lebih
banyak melakukan pembelian dari konsumen biasanya.
Strategi pemasaran
digital dikonfirmasi bisa mengasilkan peningkatan keuntungan 2,8 kali lebih
besar bagi sebuah usaha dibandingkan dengan pemasaran tradisional.
7. ROI Menjadi Lebih Tinggi
Dalam laporan HubSpot,
terkonfiramsi bahwa pemasaran digital dapat membantu Anda untuk menghasilkan
Cost-Per-Lead (CPL) yang lebih baik dibandingkan dengan pemasaran tradisional
atau bahkan telemarketing.
8. Menjaga Posisi Anda Terhadap Pesaing
Banyak merek dan usaha
saat ini saling bersaing dengan campaign digital marketing mereka. Para
pengusaha menggunakan bermacam-macam chanel termasuk display, PPC, dan
penggunaan media sosial.
9. Membantu Anda Bersaing dengan Perusahaan Besar
Tidak hanya membuat
posisi Anda sejajar dengan pesaing, namun digital marketing juga memungkinkan
Anda untuk bersaing head to head dengan merek dan perusahaan besar.
10. Mempersiapkan Anda untuk Era Internet of Things
Gartner melaporkan
bahwa pada tahun 2020 diperkirakan adanya 26 miliar gadget, smartphone, tablet,
jam tangan, kacamata, sepatu dan peralatan lainnya yang akan saling terhubung
dalam ekosistem online secara global yang akan membentuk era Internet of
Things.
IV.
Keunggulan Digital Marketing
1. Menjangkau Konsumen Lebih Luas
Media digital atau
internet tidak mengenal batasan ruang, bahkan internet menembus batas-batas
suatu negara yang artinya suatu pesan yang telah diunggah ke internet dapat
dikonsumsi oleh khalayak dari seluruh dunia. Jika anda menyampaikan pesan
informasi terkait produk dan promosi yang anda berikan, pesan tersebut dapat
menjangkau khalayak yang lebih luas, tidak hanya lokal, tetapi juga nasional
bahkan global. Berbeda dengan pemasaran atau iklan yang ditenpatkan pada
billboard, surat kabar, atau radio. Media-media tersebut hanya mampu menjangkau
suatu wilayah tertentu.
2. Hasil Terukur
Salah satu keistimewaan
dari digital marketing lewat jasa agency adalah hasilnya lebih mudah untuk
diukur. Pemasaran digital melalui media digital yang berbasis data memudahkan
pemasar untuk melakukan monitoring proses pemasaran. Selama proses pemasaran,
pemasar dapat mengumpulkan data hasil pemasaran mulai dari berapa banyak orang
yang terpapar iklan, berapa banyak yang melakukan kunjungan, atau berapa banyak
yang melakukan pembelian. Dari data tersebut dapat dihitung ROI (Return Of
Invesment) yang diperoleh. Artinya pemasar dapat menghitung pendapatan yang
diperoleh melalui pemasaran digital dengan suatu biaya tertentu. Sehingga
proses evaluasi lebih mudah untuk dilakukan untuk menilai apakah aktivitas
pemasaran tersebut efektif dan layak dipertahankan, ataukah harus mencari jenis
kegiatan yang lain.
3. Penyampaian Informasi Lebih Cepat
Data digital lebih
mudah diganti dan diperbarui. Oleh karena itu pesan atau iklan yang disampaikan
melalui media digital lebih mudah untuk diperbarui. Selain lebih mudah,
pembaruan atau penggantian informasi bisa lebih cepat dilakukan. Misalnya
informasi terkait produk atau promosi yang anda sampaikan melalui website resmi
ingin diubah, anda bisa melakukan perubahan saat itu juga. Berbeda dengan
marketing konvensional, pembaruan informasi lebih sulit dilakukan karena media
tersebut bukan milik perusahaan. Sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama.
Selain itu perusahaan juga harus mengikuti jadwal sang pemilik media untuk
melakukan update informasi.
4. Biaya Yang Dikeluarkan Lebih Murah
Seiring dengan
kelebihan menggunakan digital marketing melalui jasa agency yang disampaikan
pada poin pertama, bahwa jenis pemasaran ini memiliki jangkauan yang lebih
luas, kegiatan pemasaran melalui media digital terbilang relatif lebih murah
dibandingkan dengan metode marketing konvensional. Misalnya, pemasaran melalui
media TV, Billboard, atau koran, dibutuhkan biaya ratusan hingga milyaran
rupiah. Sedangkan pemasaran melalui media digital bisa dimulai dari angka
puluhan ribu rupiah. Terlebih pemasar dapat memilih kelompok atau target
tertentu.
5. Pemasaran Lebih Efektif dalam Menjangkau Customer
Kita bisa menarget
ingin berapa jumlah pengunjung yang datang ke website atau toko online kita
dalam sehari. Menggunakan beberapa media iklan digital marketing kita bisa
melakukan hal ini.
Berbeda dengan toko
offline, berapa banyak yang datang kita tidak bisa mengontrol, tergantung pada
orang yang datang dan mungkin ramainya pada waktu atau event tertentu saja.
6. Data Pemasaran
Dalam semua aspek iklan
digital, baik sebelum maupun sesudah melakukan iklan khususya dengan Google Ads
dan Facebook Ads, keuntungan terbesarnya adalah data.
Data siapa saja audiens
yang yang melihat iklan, kata kunci yang dicari, gender, usia, minat, dan
lokasi. Semua data diatas bisa digunakan untuk mengelola ikllan yang lebih
efektif dan efisien.
V.
Kesimpulan
Berdasarkan makalah di
atas, dapat disimpulkan bahwa teknologi berkembang dari zaman ke zaman.
Pemasaran telah berkembang menjadi sangat berbasis teknologi, oleh sebab itu
strategi digital marketing sangat penting untuk di kembangkan karena dapat
mentargetkan target pasar yang berpotensial dan mengurangi biaya banyak. Berdasarkan
hal ini, dapat di simpulkan bahwa masih perlu di kembangkannya strategi digital
marketing sesuai dengan ide atau pemikiran yang kita sampaikan kepada konsumen
dan pesaing kita.
Digital Marketing atau
Pemasaran Digital, saat ini merupakan suatu keharusan untuk dilakukan bagi
semua perusahaan dan merupakan strategi pemasaran yang efektif.
Strategi Digital
Marketing minimal meliputi SMS Marketing, E-mail Marketing, Search Engine
Marketing, Social Media Marketing, dan Content Marketing.
Saran
Diharapkan dalam
pembuatan sebuah website kita bukan hanya membuat sebuah website dengan
tampilan yang menarik atau pun dengan bahasa pemograman yang sulit, tetapi kita
harus memikirkan apakah ada yang akan mengunjungi website yang dibuat dan
apakah website tersebut akan mendatangkan keuntungan, oleh sebab itu penggunaan
Digital Marketing sangatlah harus dilakukan untuk mempopulerkan website yang
dibuat.
Komentar
Posting Komentar
Selalu berkomentar dengan baik tidak saling menghina apalagi saling menghujat, berkomentar lah dengan baik, bermotivasi, berkarakter, jiwa muda, jiwa sosial, empati. dan simpati kalian.