WEBINAR SERIES 4 : MARKETING INSIGHT APA DAN BAGAIMANA
MARKETING INSIGHT APA DAN BAGAIMANA
Materi
1 : Business Goal
BUSINESS
GOAL
Goal / Tujuan adalah sebuah
hasil utama yang didapatkan atas upaya serta tindakan yang dilakukan pada
bisnis Anda. Dalam dunia bisnis, Anda bisa membuat beberapa goal atau tujuan
yang ingin dicapai. Ada 3 cara untuk mencapai goal tersebut.
1. Diterima oleh pasar
Pemasaran produk memang
menjadi hal yang paling penting jika ingin produk dikenal dan menarik pembeli.
Banyak cara yang bisa Anda lakukan sebagai strategi pemasaran produk di tengah
kemajuan teknologi ini.Dengan memanfaatkan kreativitas dan inovasi, Anda bisa
membuka bisnis penjualan produk di rumah sendiri.
2. Consumers satisfaction
Bagaimanakah cara agar kita
mampu memberikan pelayanan terbaik sehingga pelanggan merasa puas? Tetapi yang
perlu anda ingat adalah, tidak perduli sebagus apapun pelayanan yang kita beri
maka akan menjadi sia-sia apabila produk yang kita tawarkan memang kurang
berkualitas atau kurang bagus. Bagus disini maksutnya adalah adanya kesesuaian
harga dengan spesifikasi yang kita tawarkan.
3. Profit
Profit adalah ukuran keberhasilan
yang paling dikenal dalam suatu perusahaan. Profit tercermin dalam pengurangan
kewajiban, peningkatan aset, dan / atau peningkatan ekuitas pemilik.
Profit memberikan sumber
daya untuk berinvestasi dalam operasi di masa depan, dan ketidakhadirannya
dapat mengakibatkan kepunahan perusahaan. Namun, sebagai indikator kinerja
komparatif, lebih baik menggunakan pengembalian atas investasi (Return on
Investment-ROI). Profit sangat terkait dengan omzet. Jika omzet meningkat maka
kemungkinan besar profitnya juga meningkat.
Materi
2 : Memahami Kebutuhan Pasar
Kita sebagai generasi milenial atau generasi zet yaitu generasi yang cepat menangkap dan cepat pengetahuan informasi dan cepat bekomunikasi dengan siapa pun, kita sebagai generasi zet kita harus kenali dulu basic pasar dan inti dari pasar tersebut jangan takut dengan keberadaan pasar yang semakin cepat berkembang, kalau pasar tidak berubah dan berkembang otomatis tidak ada kemajuan unilever produk pasar, bahkan produk kecil pun masih berada di pasar dibanding jaman dulu pasar hanya seperti pasar, dan sekarang jaman berkembang para pembisnis menggunakan era digital pasar sekarang semakin meningkat perubahan nya.
Ada
3 kata kunci kebutuhan pasar :
1.
Relevant, artinya setiap pasar sudah mempunyai passion masing – masing setiap
produk.
2.
Appealing, artinya apa yang di ingin kan pasar dan apa yang di inginkan
konsumen itu setiap produk sudah tersedia di pasar.
3.
Suitable, artinya apa yang cocok untuk konsumen saat ini pasar harus bisa
menyediakan kebutuhan konsumen.
Jadi Relevant yaitu sesuai dengan kondisi lingkungan atau
trend yang berkembang saat ini. Appealing yaitu membangkitkan emosional dari
sisi positif.
Apa
itu Insight :
Insight adalah.suatu
pemahaman yang sangat dalam mengenai sesuatu dan pemahaman tersebut selalu
muncul sehingga dijadikan sebagai tujuan atau acuan utama. Istilah ini mungkin
tidak diketahui oleh semua orang. Maksud yang terkandung di dalam hal ini
tampaknya belum begitu dimengerti oleh masyarakat sebab istilah ini jarang
didengar. Insight juga bisa disebut sebagai suatu pemahaman yang diberikan
kepada orang lain dengan sangat mendalam sehingga orang yang menerimanya begitu
terpengaruh terhadap pemahaman tersebut. Bahkan orang yang menerima pemahaman
bisa saja berperilaku sesuai dengan pemahaman yang telah diterimanya. Hal ini
tentunya berkaitan dengan bisnis dan konsumen.
Insight adalah (the ability
to have) a clear, deep, and sometimes sudden understanding of a complicated
problem or situation. Dapat disimpulkan bahwa insight adalah sebuah pemahaman
yang mendalam tentang sesuatu dan selalu muncul, serta kemudian akan dijadikan
tujuan atau acuan utama dan paling dipercaya.
Berdasarkan pengertian
tersebut, insight juga bisa dikatakan sebagai pemahaman atau keinginan yang
luar biasa dampaknya bagi seseorang yang bahkan sampai bisa mengubah perilaku
orang tersebut (dalam hal ini misalnya seorang konsumen). Namun, di dalamnya
masih ada suatu masalah yang harus dihadapi dan belum terselesaikan.
Oleh karena itulah,
diperlukan consumer insight secara mendalam untuk proses pemasaran sebuah
produk. Karena, consumer insight akan memperlihatkan kemampuan perusahaan dalam
mempelajari dan memahami kebutuhan pelanggan. Dengan demikian diharapkan akan
tercipta hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan produsen.
Apa
itu Marketing Insight :
Sebagai Marketing Insight
& Research, kita akan tergabung ke dalam tim Marketing yang bertugas untuk
mengumpulkan segala informasi yang akurat dan relevan dengan pemasaran agar
dapat meningkatan peluang bisnis ataupun meningkatkan kinerja pemasaran.
informasi yang dibutuhkan mulai dari peluang potensial, pemilihan target pasar,
segmentasi pasar, ataupun perencanaan dan penerapan program-program pemasaran.
Anda juga diharapkan mampu mengidentifikasi dan mengatasi permasalahan yang ada
di marketing, agar dapat menjadi dasar pengambilan keputusan dari manajemen.
Cara
agar anda dapat memaksimalkan pemasaran produk dengan cara sebagai berikut :
1. Mengetahui target pasar
Kuasailah target pasar Anda.
Langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu lakukan riset siapa yang menjadi
target pasar Anda. Semakin spesifik target pasar Anda, semakin besar peluang
Anda untuk sukses. Contohnya jika Anda bergerak di bagian pakaian remaja
perempuan. Maka Anda dapat menargetkan pasar Anda dengan penyesuaian pada
produk yang di produksi. Seperti perempuan yang masih sekolah dan berumur 12-18
tahun.
2. Memanfaatkan Social Media
Media sosial adalah alat
pemasaran yang paling ampuh karena hampir semua orang dari berbagai latar
belakang yang berbeda, sangat aktif menggunakannya. Contohnya berpromosi
menggunakan Instagram dan Facebook. Dengan media sosial, perusahaan dapat
menjalin interaksi secara luas dengan berbagai kalangan, dengan biaya yang
murah dan visibilitas atau keterlihatan yang tinggi.
3. Menawarkan produk secara gratis
Cara ini dianggap sangat
ampuh untuk menjaring konsumen karena sesuatu yang gratis akan sangat sulit
dilewatkan begitu saja. Alasan lain kenapa strategi ini dianggap perlu juga,
seringkali seorang costumer belum membeli sebuah produk karena mereka belum
pernah mencoba tentang produk tersebut.
4. Memilih tempat yang strategis
Tempat strategis masih
menjadi salah satu strategi pemasaran yang patut dipertimbangkan karena dengan
tempat penjualan yang strategis berarti produk Anda memiliki kemungkinan
terlihat lebih tinggi dan tentu saja memicu penjualan yang tinggi. Kriteria
pemilihan tempat strategis ini harus menyesuaikan dengan target sasaran serta
kemudahan untuk menjangkaunya.
5. Menjalin hubungan baik dengan konsumen
Konsumen yang loyal adalah
sebuah aset penting perusahaan. Mereka telah berulangkali membeli produk Anda
dan ikut menyumbang pemasukan secara rutin. Jika tidak ingin kehilangan sebuah
pembelian, di tengah persaingan banyaknya produk serupa, maka tidak ada salahnya
Anda memberi penghargaan kepada para konsumen yang loyal terhadap perusahaan
dengan cara menanggapi masukan konsumen maupun memberi hadiah secara langsung
atas pembelian yang mereka lakukan.
Apa
itu Market Research :
Market Research adalah
fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan public dengan pemasar melalui
informasi yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan peluang dan
masalah pemasaran, menghasilkan,menghaluskan, dan mengevaluasi upaya pemasaran,
memantau kinerja pemasaran, dan memperbaiki pengertian pemasaran sebagai suatu
proses.
Market Research akan
mengerucutkan segala informasi penting yang didapatkan agar dapat digunakan
untuk mengatasi berbagai permasalahan, bagaimana untuk mendesain metode
pengumpulan segala informasi, mengelola dan menerapkan proses-proses
pengumpulan data, analisis hasil dan untuk mengungkapkan temuan dan
menyimpulkannya. Secara ringkas, Market research adalah perencanaan,
pengumpulan, dan analisis data yang relevan dengan pengambilan keputusan
pemasaran dan mengkomunikasikan hasil analisis ini kepada manajemen.
Social
Media Listening / Monitoring :
Social listening terjadi
ketika Anda melacak platform media sosial Anda untuk mendapatkan mentions dan
percakapan yang terkait brand Anda. Lalu, Anda menganalisis insights-nya untuk
menemukan peluang bertindak.
Social listening adalah proses dua langkah, yaitu :
1: Monitor social media channels yang menyebutkan brand
Anda, pesaing, produk, dan kata kunci yang terkait dengan bisnis Anda.
2: Analisis informasi untuk bagaimana mewujudkan apa yang
Anda pelajari menjadi action
Jika social media monitoring
melihat metrik seperti tingkat engagement dan jumlah mention, social listening
melihat melampaui angka untuk mempertimbangkan suasana di balik data. Ini
membantu Anda memahami bagaimana perasaan orang tentang Anda dan pesaing Anda,
tidak hanya menghitung berapa kali brand Anda disebutkan.
Materi
3 : Consumer Insight Untuk Bisnis Yang Lebih Baik
Bisnis yang sukses adalah bisnis yang dijalankan dengan memprioritaskan kebutuhan pelanggan atau yang disebut consumer insight. Tujuan dari konsep ini adalah untuk menciptakan iklim kondusif dan menguntungkan antara penjual dan pembeli. Dengan menerapkan konsep tersebut, pelaku bisnis dapat membangun interaksi yang konsisten dengan customer.
Apa
itu Consumer Insight :
Consumer Insight merupakan
sebuah proses mencari tahu secara lebih mendalam dan holistic, tentang latar
belakang perbuatan, pemikiran dan perilaku seorang konsumen yang berhubungan
dengan produk dan komunikasi iklannya.
Consumer Insight dapat
digunakan untuk menguji hasil kreativitas pengembang produk atau layanan, tanpa
upaya untuk menyesuaikan hasil karya dimaksud agar lebih mendekati kebutuhan
konsumen. Dalam hal ini, consumer insight hanya digunakan untuk menyusun strategi
pemasaran dan komunikasi iklan atas produk atau layanan yang telah
dikembangkan. Selain itu, consumer insight juga digunakan untuk mendapatkan
data statistik existing konsumen dalam rangka mengenali segmen konsumen
pengguna produk atau layanan yang telah dipasarkan.
Consumer Insight dapat
diartikan sebagai upaya atau pengidentifikasian semua tentang consumer yang
dilakukan secara mendalam, mulai darai segi geografis, kebiasaan, latar
belakang, demografis dan berbagai faktor yang
mempengaruhi consumer untuk berhubungan langsung dengan komunikasi
pemasaran dan tertuju pada produk/jasa yang ditawarkan.
Kehadiran consumer insight dalam suatu bisnis
merupakan hal yang sangat penting apalagi di masa sekarang ini. Link antara
konsumen dan perusahaan sangat penting untuk dibangun agar perusahaan mampu
memenuhi kebutuhan konsumennya. Melalui konsep ini juga perusahaan akan mudah
mendapatkan ide dan mengambil tindakan tepat untuk kepuasan konsumen.
Bagi kita pelaku bisnis yang
sedang membutuhkan proses pembukuan yang lebih baik, kita bisa menggunakan software akuntansi berbasis online yang
bisa memudahkan pemantauan keadaan finansial bisnis kapanpun dan dimanapun kita
mau.
Komentar
Posting Komentar
Selalu berkomentar dengan baik tidak saling menghina apalagi saling menghujat, berkomentar lah dengan baik, bermotivasi, berkarakter, jiwa muda, jiwa sosial, empati. dan simpati kalian.