WEBINAR SERIES 4 : MARKETING INSIGHT APA DAN BAGAIMANA

MARKETING INSIGHT APA DAN BAGAIMANA

 


Materi 1 : Business Goal

BUSINESS GOAL

Goal / Tujuan adalah sebuah hasil utama yang didapatkan atas upaya serta tindakan yang dilakukan pada bisnis Anda. Dalam dunia bisnis, Anda bisa membuat beberapa goal atau tujuan yang ingin dicapai. Ada 3 cara untuk mencapai goal tersebut.

1. Diterima oleh pasar

Pemasaran produk memang menjadi hal yang paling penting jika ingin produk dikenal dan menarik pembeli. Banyak cara yang bisa Anda lakukan sebagai strategi pemasaran produk di tengah kemajuan teknologi ini.Dengan memanfaatkan kreativitas dan inovasi, Anda bisa membuka bisnis penjualan produk di rumah sendiri.

2. Consumers satisfaction

Bagaimanakah cara agar kita mampu memberikan pelayanan terbaik sehingga pelanggan merasa puas? Tetapi yang perlu anda ingat adalah, tidak perduli sebagus apapun pelayanan yang kita beri maka akan menjadi sia-sia apabila produk yang kita tawarkan memang kurang berkualitas atau kurang bagus. Bagus disini maksutnya adalah adanya kesesuaian harga dengan spesifikasi yang kita tawarkan.

3. Profit

Profit adalah ukuran keberhasilan yang paling dikenal dalam suatu perusahaan. Profit tercermin dalam pengurangan kewajiban, peningkatan aset, dan / atau peningkatan ekuitas pemilik.

Profit memberikan sumber daya untuk berinvestasi dalam operasi di masa depan, dan ketidakhadirannya dapat mengakibatkan kepunahan perusahaan. Namun, sebagai indikator kinerja komparatif, lebih baik menggunakan pengembalian atas investasi (Return on Investment-ROI). Profit sangat terkait dengan omzet. Jika omzet meningkat maka kemungkinan besar profitnya juga meningkat.

 


Materi 2 : Memahami Kebutuhan Pasar

Kita sebagai generasi milenial atau generasi zet yaitu generasi yang cepat menangkap dan cepat pengetahuan informasi dan cepat bekomunikasi dengan siapa pun, kita sebagai generasi zet kita harus kenali dulu basic pasar dan inti dari pasar tersebut jangan takut dengan keberadaan pasar yang semakin cepat berkembang, kalau pasar tidak berubah dan berkembang otomatis tidak ada kemajuan unilever produk pasar, bahkan produk kecil pun masih berada di pasar dibanding jaman dulu pasar hanya seperti pasar, dan sekarang jaman berkembang para pembisnis menggunakan era digital pasar sekarang semakin meningkat perubahan nya.



Ada 3 kata kunci kebutuhan pasar :

1. Relevant, artinya setiap pasar sudah mempunyai passion masing – masing setiap produk.

2. Appealing, artinya apa yang di ingin kan pasar dan apa yang di inginkan konsumen itu setiap produk sudah tersedia di pasar.

3. Suitable, artinya apa yang cocok untuk konsumen saat ini pasar harus bisa menyediakan kebutuhan konsumen.

Jadi Relevant yaitu sesuai dengan kondisi lingkungan atau trend yang berkembang saat ini. Appealing yaitu membangkitkan emosional dari sisi positif.



Apa itu Insight :

Insight adalah.suatu pemahaman yang sangat dalam mengenai sesuatu dan pemahaman tersebut selalu muncul sehingga dijadikan sebagai tujuan atau acuan utama. Istilah ini mungkin tidak diketahui oleh semua orang. Maksud yang terkandung di dalam hal ini tampaknya belum begitu dimengerti oleh masyarakat sebab istilah ini jarang didengar. Insight juga bisa disebut sebagai suatu pemahaman yang diberikan kepada orang lain dengan sangat mendalam sehingga orang yang menerimanya begitu terpengaruh terhadap pemahaman tersebut. Bahkan orang yang menerima pemahaman bisa saja berperilaku sesuai dengan pemahaman yang telah diterimanya. Hal ini tentunya berkaitan dengan bisnis dan konsumen.

Insight adalah (the ability to have) a clear, deep, and sometimes sudden understanding of a complicated problem or situation. Dapat disimpulkan bahwa insight adalah sebuah pemahaman yang mendalam tentang sesuatu dan selalu muncul, serta kemudian akan dijadikan tujuan atau acuan utama dan paling dipercaya.

Berdasarkan pengertian tersebut, insight juga bisa dikatakan sebagai pemahaman atau keinginan yang luar biasa dampaknya bagi seseorang yang bahkan sampai bisa mengubah perilaku orang tersebut (dalam hal ini misalnya seorang konsumen). Namun, di dalamnya masih ada suatu masalah yang harus dihadapi dan belum terselesaikan.

Oleh karena itulah, diperlukan consumer insight secara mendalam untuk proses pemasaran sebuah produk. Karena, consumer insight akan memperlihatkan kemampuan perusahaan dalam mempelajari dan memahami kebutuhan pelanggan. Dengan demikian diharapkan akan tercipta hubungan yang saling menguntungkan antara pelanggan dan produsen.

Apa itu Marketing Insight :

Sebagai Marketing Insight & Research, kita akan tergabung ke dalam tim Marketing yang bertugas untuk mengumpulkan segala informasi yang akurat dan relevan dengan pemasaran agar dapat meningkatan peluang bisnis ataupun meningkatkan kinerja pemasaran. informasi yang dibutuhkan mulai dari peluang potensial, pemilihan target pasar, segmentasi pasar, ataupun perencanaan dan penerapan program-program pemasaran. Anda juga diharapkan mampu mengidentifikasi dan mengatasi permasalahan yang ada di marketing, agar dapat menjadi dasar pengambilan keputusan dari manajemen.

Cara agar anda dapat memaksimalkan pemasaran produk dengan cara sebagai berikut :

1. Mengetahui target pasar

Kuasailah target pasar Anda. Langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu lakukan riset siapa yang menjadi target pasar Anda. Semakin spesifik target pasar Anda, semakin besar peluang Anda untuk sukses. Contohnya jika Anda bergerak di bagian pakaian remaja perempuan. Maka Anda dapat menargetkan pasar Anda dengan penyesuaian pada produk yang di produksi. Seperti perempuan yang masih sekolah dan berumur 12-18 tahun.

2. Memanfaatkan Social Media

Media sosial adalah alat pemasaran yang paling ampuh karena hampir semua orang dari berbagai latar belakang yang berbeda, sangat aktif menggunakannya. Contohnya berpromosi menggunakan Instagram dan Facebook. Dengan media sosial, perusahaan dapat menjalin interaksi secara luas dengan berbagai kalangan, dengan biaya yang murah dan visibilitas atau keterlihatan yang tinggi.

3. Menawarkan produk secara gratis

Cara ini dianggap sangat ampuh untuk menjaring konsumen karena sesuatu yang gratis akan sangat sulit dilewatkan begitu saja. Alasan lain kenapa strategi ini dianggap perlu juga, seringkali seorang costumer belum membeli sebuah produk karena mereka belum pernah mencoba tentang produk tersebut.

4. Memilih tempat yang strategis

Tempat strategis masih menjadi salah satu strategi pemasaran yang patut dipertimbangkan karena dengan tempat penjualan yang strategis berarti produk Anda memiliki kemungkinan terlihat lebih tinggi dan tentu saja memicu penjualan yang tinggi. Kriteria pemilihan tempat strategis ini harus menyesuaikan dengan target sasaran serta kemudahan untuk menjangkaunya.

5. Menjalin hubungan baik dengan konsumen

Konsumen yang loyal adalah sebuah aset penting perusahaan. Mereka telah berulangkali membeli produk Anda dan ikut menyumbang pemasukan secara rutin. Jika tidak ingin kehilangan sebuah pembelian, di tengah persaingan banyaknya produk serupa, maka tidak ada salahnya Anda memberi penghargaan kepada para konsumen yang loyal terhadap perusahaan dengan cara menanggapi masukan konsumen maupun memberi hadiah secara langsung atas pembelian yang mereka lakukan.



Apa itu Market Research :

Market Research adalah fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan public dengan pemasar melalui informasi yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan peluang dan masalah pemasaran, menghasilkan,menghaluskan, dan mengevaluasi upaya pemasaran, memantau kinerja pemasaran, dan memperbaiki pengertian pemasaran sebagai suatu proses.

Market Research akan mengerucutkan segala informasi penting yang didapatkan agar dapat digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan, bagaimana untuk mendesain metode pengumpulan segala informasi, mengelola dan menerapkan proses-proses pengumpulan data, analisis hasil dan untuk mengungkapkan temuan dan menyimpulkannya. Secara ringkas, Market research adalah perencanaan, pengumpulan, dan analisis data yang relevan dengan pengambilan keputusan pemasaran dan mengkomunikasikan hasil analisis ini kepada manajemen.

Social Media Listening / Monitoring :

Social listening terjadi ketika Anda melacak platform media sosial Anda untuk mendapatkan mentions dan percakapan yang terkait brand Anda. Lalu, Anda menganalisis insights-nya untuk menemukan peluang bertindak.

Social listening adalah proses dua langkah, yaitu :

1: Monitor social media channels yang menyebutkan brand Anda, pesaing, produk, dan kata kunci yang terkait dengan bisnis Anda.

2: Analisis informasi untuk bagaimana mewujudkan apa yang Anda pelajari menjadi action

Jika social media monitoring melihat metrik seperti tingkat engagement dan jumlah mention, social listening melihat melampaui angka untuk mempertimbangkan suasana di balik data. Ini membantu Anda memahami bagaimana perasaan orang tentang Anda dan pesaing Anda, tidak hanya menghitung berapa kali brand Anda disebutkan.



Materi 3 : Consumer Insight Untuk Bisnis Yang Lebih Baik

Bisnis yang sukses adalah bisnis yang dijalankan dengan memprioritaskan kebutuhan pelanggan atau yang disebut consumer insight. Tujuan dari konsep ini adalah untuk menciptakan iklim kondusif dan menguntungkan antara penjual dan pembeli. Dengan menerapkan konsep tersebut, pelaku bisnis dapat membangun interaksi yang konsisten dengan customer.



Apa itu Consumer Insight :

Consumer Insight merupakan sebuah proses mencari tahu secara lebih mendalam dan holistic, tentang latar belakang perbuatan, pemikiran dan perilaku seorang konsumen yang berhubungan dengan produk dan komunikasi iklannya.

Consumer Insight dapat digunakan untuk menguji hasil kreativitas pengembang produk atau layanan, tanpa upaya untuk menyesuaikan hasil karya dimaksud agar lebih mendekati kebutuhan konsumen. Dalam hal ini, consumer insight hanya digunakan untuk menyusun strategi pemasaran dan komunikasi iklan atas produk atau layanan yang telah dikembangkan. Selain itu, consumer insight juga digunakan untuk mendapatkan data statistik existing konsumen dalam rangka mengenali segmen konsumen pengguna produk atau layanan yang telah dipasarkan.

Consumer Insight dapat diartikan sebagai upaya atau pengidentifikasian semua tentang consumer yang dilakukan secara mendalam, mulai darai segi geografis, kebiasaan, latar belakang, demografis dan berbagai faktor yang  mempengaruhi consumer untuk berhubungan langsung dengan komunikasi pemasaran dan tertuju pada produk/jasa yang ditawarkan.

Kehadiran consumer insight dalam suatu bisnis merupakan hal yang sangat penting apalagi di masa sekarang ini. Link antara konsumen dan perusahaan sangat penting untuk dibangun agar perusahaan mampu memenuhi kebutuhan konsumennya. Melalui konsep ini juga perusahaan akan mudah mendapatkan ide dan mengambil tindakan tepat untuk kepuasan konsumen.

Bagi kita pelaku bisnis yang sedang membutuhkan proses pembukuan yang lebih baik, kita bisa menggunakan software akuntansi berbasis online yang bisa memudahkan pemantauan keadaan finansial bisnis kapanpun dan dimanapun kita mau.


Komentar